Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Passau "Wonderland", Keindahan Kota dengan Tiga Sungai

16 Februari 2021   20:58 Diperbarui: 21 Februari 2021   16:45 266 21 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Passau "Wonderland", Keindahan Kota dengan Tiga Sungai
Pemandangan Kota Passau saat musim dingin (Dokpri)

Die Drei-Fluesse-Stadt Passau. Begitu kira-kira sebutan kota ini dalam Bahasa Jerman, yang artinya adalah Kota Tiga Sungai. 

Terletak di bagian selatan Negara Jerman, Passau dilewati oleh tiga sungai yang berbeda yaitu Sungai Donau (dalam Bahasa Inggris, Sungai Danube), Sungan Inn, dan juga Sungai Ilz.

Kota kecil ini juga berbatasan langsung dengan Austria. Tidak perlu waktu lama, berjalan kaki selama 30 menit saja dari Universitas Passau, kita sudah bisa sampai di Austria.

Selain itu, Passau juga berdekatan dengan Cekoslowakia. Perjalanan dari Passau ke Praha dengan Flixbus bisa ditempuh hanya dalam waktu 3 jam saja.

Pada tahun 2019, penduduk Kota Passau berjumlah sekitar 51.000 saja. Itupun sekitar 11.000 dari penduduknya adalah mahasiswa Universitas Passau. Dalam artian, bisa dipastikan bahwa mahasiswa ini tidak terhitung penduduk tetap atau penduduk asli Passau.  

Nah, terbayang kan betapa kecilnya kota ini?

Karena kecil, jalanan pun cenderung sepi. Titik-titik keramaian selalu berpusat di tengah kota dan juga di lingkungan kampus.

Nah, bagi yang merindukan kesunyian atau menyukai lingkungan hidup yang tidak bising, Passau bisa jadi salah satu tujuan yang bisa dipertimbangkan.

Salah satu jalanan Passau yang sepi (Dokpri)
Salah satu jalanan Passau yang sepi (Dokpri)
Karena kotanya yang dilingkupi oleh tiga sungai yang berbeda, Passau bahkan disebut juga sebagai Bayerisches Venedig atau Venice-nya Bayern (Bayern merupakan sebutan untuk wilayah bagian selatan Jerman). Yah, mirip-mirip dengan Venice, yang juga dilingkupi oleh perairan. Karena itu Passau selalu menjadi tujuan wisata turis-turis lokal maupun mancanegara meskipun kotanya cukup mungil.

Salah satu kegiatan yang paling diminati oleh wisatawan adalah berwisata di sepanjang Sungai Danube dan Sungai Inn. Kapal-kapal pesiar ini juga berlayar sampai ke Austria dan juga Hungaria. Ya, di jalur-jalur yang dilalui oleh Sungai Danube. Tapi, jika tidak memiliki banyak waktu, bisa juga hanya berlayar bolak-balik di Passau dalam waktu yang singkat, sekitar 45 menit dengan harga tiket sekitar EUR10, kita sudah bisa menikmati pemandangan Kota Passau dengan kapal pesiar.

Kapal pesiar yang sedang berlayar di Sungai Inn - Passau di awal musim gugur (Dokpri)
Kapal pesiar yang sedang berlayar di Sungai Inn - Passau di awal musim gugur (Dokpri)
Bagaimana cara menuju Kota Passau?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x