Mohon tunggu...
Nova Rizky Utami
Nova Rizky Utami Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswi Universitas Pamulang

Sharing is Caring

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keuntungan Menerapkan Komunikasi Bisnis Efektif di Live Streaming Tiktok

7 Desember 2022   01:40 Diperbarui: 7 Desember 2022   01:41 1028
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fitur TikTok Shop adalah salah satu fitur dalam platform Tiktok yang mendukung para pengguna Tiktok untuk berbisnis serta menyediakan pengalaman berbelanja yang lancar, menyenangkan, dan nyaman. Fitur ini dapat dengan mudah ditemukan di bagian profil akun Tiktok, dengan ikon sebuah tas belanja.

Nah, salah satu manfaat yang dari Fitur Tiktokshop ini adalah meningkatkan penjualan melalui fitur live streaming pada aplikasi Tiktok. Fitur live stream adalah penyiaran video secara langsung di media sosial, tanpa perlu dilakukan editing ataupun post-production. Penjual dapat berjualan sekaligus berinteraksi langsung dengan pembeli menggunakan platform Tiktok.

Fitur live streaming punya sifat interaktif sehingga para audiens bisa langsung melemparkan komentar ketika pelaku usaha sedang melakukan siaran langsung. Fitur live stream pada media sosial tidak hanya ditujukan untuk berjualan tetapi juga membuat perspektif orang lain terhadap brand, produk, perusahaan atau bahkan diri pelaku usaha sendiri.

Saat melakukan live streaming, pelaku usaha hendaknya menyampaikan informasi produk dengan jelas, benar, lengkap, tepat, dan perkataan yang disampaikan haruslah memberikan informasi yang ada kaitannya dengan bisnis/produk. Dengan penyampaian yang baik, maka konsumen dapat mengetahui detail produk yang dipromosikan, dari bahan, warna, kekurangan atau kelebihan dari produk itu sendiri. Sehingga konsumen menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk membeli atau tidak sebuah produk. Dibutuhkan komunikasi yang baik terutama kepada konsumen agar produk yang dimiliki bisa diterima sepenuhnya.

Pelaku usaha dituntut untuk membangun komunikasi yang efektif dengan para viewers yang merupakan calon customer dari pelaku usaha tersebut. Dengan skill dan strategi komunikasi yang tepat diharapkan nantinya apa yang disampaikan atau dipomosikan oleh pelaku usaha dapan diterima dengan baik dan dapat menimbulkan efek persuasif kepada viewers sebagai calon customer dan meminimalisir berbagai macam hambatan komunikasi yang berpotensi terjadi dalam proses penyampaian pesan tersebut.

Untuk mewujudkan komunikasi yang efektif saat memasarkan produk lewat live streaming, pelaku usaha harus memperhatikan beberapa faktor, seperti: latar belakang budaya, bahasa, dan sikap saat berkomunikasi, agar komunikasi antara pelaku usaha sebagai komunikator dapat berjalan sesuai harapan dan memberikan efek persuasif pada customer sebagai komunikan atau penerima pesan.

Latar Belakang Budaya

Dikarenakan platform Tiktok dapat digunakan secara umum, maka penggunanya berasal dari berbagai daerah dengan beragam sosial dan budaya. Maka pelaku usaha harus bisa menyesuaikan agar dapat dipahami oleh berbagai latar belakang. Jangan sampai sebagai pemberi informasi malah masih menggunakan bahasa daerahnya, sehingga berakibat pada sulitnya viewers untuk mengerti informasi apa yang disampaikan oleh penjual.

Berdasarkan pengamatan, perbedaan latar belakang budaya juga dapat menimbulkan steriotip dan etnosentrisme. Contohnya saat menyebut kota Bandung, apabila pelaku usaha dalam bidang fashion, maka steriotip toko tersebut akan terlihat bagus karena kota Bandung dikenal sebagai Role Model dunia Fashion Indonesia.

Bahasa

Bahasa yang digunakan saat melakukan live streaming/promosi gunakan bahasa yang lebih Universal yang dapat dimengerti oleh penonton atau konsumen tergantung kondisi dari mana asal penonton yang mendominasi. Contoh jika di Indonesia berarti dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai media dalam berkomunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun