Mohon tunggu...
Indina Farah
Indina Farah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Enjoy My Writing!

Love. Hope. Faith.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pengelolaan Kompensasi dan Benefit dalam Sebuah Perusahaan

7 Desember 2021   09:31 Diperbarui: 7 Desember 2021   09:35 670 73 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pic by: Indina Farah

Dalam suatu perusahaan yang telah berjalan dengan baik tentunya terdapat beberapa hal yang menunjang keberhasilan perusahaan dalam pencapaian tujuan. Salah satunya adalah pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik, dalam hal ini adalah pemberian Kompensasi dan Benefit bagi karyawan perusahaan.  

Di Indonesia sendiri kata Kompensasi rupanya tidak digunakan oleh semua kalangan perusahaan atau organisasi. Misalnya di instansi pemerintah atau institusi publik memakai istilah renumerasi, sedangkan di kalangan swasta menggunakan kata Kompensasi, meskipun kedua istilah tersebut memiliki maksud dan arti yang sama. 

Apasih yang dimaksud dengan Kompensasi dan Benefit? Seberapa pentingkah Perusahaan untuk memberikan Kompensasi dan Benefit bagi karyawannya? Hal apa saja yang harus diperhatikan Perusahaan dalam pemberian Kompensasi dan Benefit? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Kompensasi

Kompensasi menurut Deesler (2019) merupakan setiap bentuk pembayaran atau imbalan yang diberikan kepada karyawan yang timbul karena dipekerjakannya karyawan di perusahaan atau organisasi tersebut. Kompensasi sendiri terbagi menjadi 2 (dua) macam yaitu antara lain :

  • Moneter

Moneter dalam hal ini merupakan Kompensasi berbentuk uang yang diberikan secara langsung dan tidak langsung. Pemberian secara langsung misalnya gaji pokok, uang lembur, tunjangan, transport, uang makan, THR (Tunjangan Hari Raya), bonus, insentif dan lain-lain. Sedangkan pemberian secara tidak langsung dapat berupa cuti tahunan, cuti melahirkan, penyediaan makanan, bus antar jemput dan lain sebagainya.

  • Non Moneter

Non moneter merupakan Kompensasi berbentuk bukan uang yang diberikan kepada setiap karyawan perusahaan. Misalnya imbalan karir yang terdiri dari pengembangan diri dan rasa aman, serta imbalan sosial yang terdiri dari status dan pengakuan karyawan yang diberikan oleh perusahaan.

Pengertian Benefit

Benefit merupakan segala jenis pemberian oleh perusahaan kepada karyawan selain gaji yang bersifat non-tunai dan tidak menambah kekayaan dan ditunjukkan untuk menunjang kesejahteraan individu maupun keluarga karyawan. Adapun contoh dari bentuk Benefit yaitu antara lain:

  • Asuransi
  • BPJS
  • Dana Pensiun
  • Bantuan Pernikahan
  • Rumah Dinas
  • Pinjaman
  • Dan lain-lain.

Seberapa Pentingkah Kompensasi dan Benefit bagi Perusahaan?

Dalam pecapaian tujuan perusahaan atau organisasi, sangat diperlukan sumber daya manusia atau karyawan yang berkompeten, berprestasi dan memiliki produktifitas kinerja yang baik. Hal tersebut menjadi alasan atau tujuan utama perusahaan memberikan Kompensasi dan Benefit bagi karyawannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan