universitas aisyiyah yogyakarta Resume Pra Mataf - 2 Hari Jumat, 12 September 2025. Terdiri dari 3 pemateri, di antaranya : Arif Nur Kholis (Sekertaris MDMC PP Muhammadiyah), DR. Komarudin M.Psi. Psikologi, dan Bayu Winoho S.sos, M.M
MATERI PERTAMA
Bencana Indonesia 2025
Jumlah kejadian bencana per tanggal 13 Agustus 2025 tercatat sebanyak 2.170 kejadian. Kejadian bencana alam mendominasi adalah Bencana hidermetologi 99,26% dan bencana geologi 0,74% dengan urutan bencana banjir, cuaca ekstrem, karhutla, tanah longsor , dan kekeringan.
Dampak :
- Â 316 Meninggal dunia
- 29 Hilang
- 522 Luka-Luka
- 4.716.757 Jiwa terdampak/mengungsi
- Kerusakan : 23.877 rumah rusak, 475 fasilitas pendidikan/ibadah/kesehatan rusak, 247 kantor/jembatan rusak.
Respon Muhammadiyah (MDMC)
Sejak Lahir Muhammadiyah Sudah Menyediakan Tim-Tim Kesehatan dari 113 Tahun yang Lalu, sampai sekarang datanya belum terkordinasi.
- Periode 2010--2025 : total 1.541 respon bencana di seluruh Indonesia.
- Respon terbanyak pada 2023 (467 respon).
Definisi Bencana (UU No. 24 Tahun 2007)
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat, baik karena faktor alam, non-alam, maupun manusia, yang menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.
Siklus Manajemen Bencana
1. Mitigasi pencegahan, pengurangan risiko.
2. Kesiapsiagaan edukasi, latihan, sistem peringatan dini.
3. Respon pencarian & penyelamatan, bantuan darurat.
4. Pemulihan rehabilitasi & rekonstruksi pasca bencana.
Risiko Bencana
Risiko = Hazard + Vulnerability + Exposure.
- Hazard (ancaman) : gempa, banjir, longsor, badai, konflik.
- Vulnerability (kerentanan) : pertumbuhan penduduk, urbanisasi cepat, pembangunan tak teratur, pembatasan akses, konflik politik.
- Exposure (paparan) : lokasi penduduk, bangunan, infrastruktur, fasilitas ekonomi.
Sejarah Bencana Besar di DIY
- 27 Mei 2006 : Gempa 6,3 SR, 5.778 meninggal, 38.000 luka.
- 26 Okt 2010 : Erupsi Gunung Merapi.
- 14 Feb 2014 : Erupsi Gunung Kelud.
- 27--29 Nov 2017 : Siklon Tropis Cempaka (banjir & longsor besar).
- 15 Maret 2020 : Pandemi COVID-19.
Siaga & Tindakan Saat Gempa
- Dalam ruangan : jangan panik, lindungi kepala, berlindung di bawah meja kokoh, jauhi kaca & lampu.Â
- Di gedung tinggi : tetap di dalam sampai gempa berhenti baru turun.
- Di luar ruangan : jauhi gedung, tiang listrik, tembok.
- Jika berpotensi tsunami : segera evakuasi ke tempat tinggi.
Bencana Alam -- Cuaca EkstremÂ
-Â Hujan lebat & petir : intensitas >7,6 mm/jam, berisiko banjir & longsor.
- Angin kencang/puting beliung : terjadi saat peralihan musim, dapat merobohkan bangunan & pohon.
MATERI KEDUA
Kesehatan Mental Manusia
Materi ini membahas tentang kesehatan mental mahasiswa yang meliputi stres, kecemasan, gangguan mood, gangguan identitas gender, dan brain rot. Kesehatan mental adalah kondisi emosi, kognitif, dan perilaku yang stabil sehingga individu mampu berfungsi secara adaptif dalam lingkungan serta mampu mengatasi stres. Ciri-ciri sehat mental ; ditandai dengan kemampuan berpikir kritis, fleksibilitas, kreativitas, pola hidup teratur, kebiasaan prososial, serta menghindari perilaku berisiko. Stres dijelaskan sebagai respon tubuh terhadap tekanan dengan jenis stresor, distres, dan eustres, penyebabnya ; antara lain tekanan berlebih, kekhawatiran, tanggung jawab berat, dan masalah pertemanan. Ciri orang stres ; yaitu menarik diri, berhenti melakukan aktivitas biasa, menyendiri, mudah marah, dan jarang berkumpul dengan teman. Strategi coping terdiri dari problem-focused coping (mengatasi sumber masalah) dan emotion-focused coping (mengurangi dampak emosional). Kecemasan ditandai dengan gejala fisik (berkeringat, gemetar, sulit bernapas, jantung berdebar), emosional (gelisah, takut, khawatir), serta perilaku (menghindar, terguncang). Penanganannya melalui penerimaan, aktivitas sehat, terapi kognitif perilaku (CBT), dan mindfulness. Gangguan Depresi (unipolar) ialah sebagai gangguan mood dengan gejala utama perasaan sedih mendalam dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai. Ciri- Ciri nya ; perubahan kondisi emosi, perubahan dalam motivasi, perubahan dalam fungsi kognitif, serta perubahan perilaku sehari-hari. Faktor penyebab Depresi ; Kehidupan yang penuh tekanan, pengalaman trauma, kurang bisa mengelola stress, dan riwayat keluarga. Gangguan (bipolar) adalah merupakan gangguan kejiwaan yang menyebabkan perubahan mood, energi, dan tingkat konsentrasi yang tidak bisa drastis dan mendadak. Jenis gangguan Identitas Gender ; Transexsual Transgender, Homosexsual Lesbian, dan Bisexsual.
MATERI KETIGA
BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL)
Produk ;  yang ditawarkan untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta berupa layanan perlindungan mahasiswa. Ada beberapa poin utama ; Pendampingan Mahasiswa yang ikut kegiatan praktik atau KKN akan didampingi sejak awal penugasan hingga selesai. Jadi jika ada kendala kesehatan atau kecelakaan, mahasiswa tidak dibiarkan sendirian, melainkan ada pendamping dari lembaga ini. Perlindungan Mahasiswa akan mendapatkan perlindungan dari risiko selama kegiatan, termasuk melalui skema BPJS dan Jasa Raharja. Artinya, ada jaminan finansial maupun layanan kesehatan bila terjadi sesuatu. Layanan 24 Jam Mahasiswa bisa mengakses layanan kapan saja, tidak terbatas jam kerja. Hal ini penting karena kecelakaan atau masalah kesehatan bisa terjadi sewaktu-waktu. Layanan One Day Service Jika ada kejadian, layanan diberikan pada hari itu juga tanpa menunda-nunda. Jadi, respons cepat menjadi salah satu keunggulan. Manfaat Pendampingan Perlindungan Kesehatan Mahasiswa Praktik/KKN ; Di bagian ini dijelaskan manfaat khusus untuk jaminan kesehatan, meliputi ; Fasilitas Rawat Inap Jika mahasiswa sakit saat praktik/KKN dan membutuhkan perawatan di rumah sakit, maka biayanya akan dijamin. Fasilitas Rawat Jalan Tidak hanya rawat inap, tapi juga perawatan ringan atau rawat jalan di klinik/RS juga ditanggung. Hal ini membuat mahasiswa dan keluarga lebih tenang, karena risiko biaya kesehatan bisa diminimalkan. Portofolio Pekerjaan ;  berikit beberapa universitas yang sudah bekerja sama dalam layanan ini. Beberapa kampus yang tercatat antara lain : UNNES (Universitas Negeri Semarang), UNISA (Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta), UNDIP (Universitas Diponegoro), BRAWIJAYA (Universitas Brawijaya Malang), UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), UPN (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran"). Portofolio ini menunjukkan bahwa layanan sudah dipakai di banyak perguruan tinggi besar di Indonesia, sehingga lebih terpercaya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI