Mohon tunggu...
Aris Setya
Aris Setya Mohon Tunggu... Seniman

Seniman dari tanah Jawa yang tinggal di benua Eropa

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Kecewa dengan Layanan BCA!

17 Juni 2019   04:15 Diperbarui: 17 Juni 2019   04:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

Saya sudah lama menjadi nasabah BCA dan sudah hampir 6 tahun saya tinggal di Brussels, Belgia tetapi saya masih tetap setia menggunakan layanan BCA baik itu Kartu Kredit maupun Mobile banking di Smartphone saya. Dan saat ini saya sedang ada masalah dengan kartu kredit saya dan mobile banking saya tetapi dari BCA customer service mereka sama sekali tidak menolong.

Pada tanggal 12/05/2019 saya ada pekerjaan di Roma, Italia dan saya sudah pesan kamar hotel di Roma melalui Booking.com saya sudah booking jauh-jauh hari dari pihak booking.com menginformasikan akan mendebit kartu kredit saya ketika hari H , setelah saya sampai di Roma tiba-tiba saya mendapat informasi bahwa dari Pihak Hotel tidak dapat mendebit kartu kredit saya, saya coba kembali dan responnya masih sama sampai akhirnya mereka membatalkan reservasi hotel saya pada malam itu.

Saya kaget kenapa kartu kredit saya ditolak, padahal sesekali saya gunakan, dan tidak ada tunggakan dan lancar. Yang saya takutkan kartu kredit saya dipakai oleh orang lain tanpa sepengetahuan saya.

Kemudian saya harus mencari hotel pada malam itu dengan kondisi saya tidak mempunyai waktu banyak dan sangat menggangu, kemudian saya menghubungi CS Halo Bca melalui Twitter dan dibalas oleh Mas Dodi, dia meminta nomor telpon saya dan saya diharap menunggu konfirmasi dari BCA. Kemudian tanggal 13/05/2019 saya kembali bertanya melalui DM di Twitter dan Hanya dijawab disarankan menunggu oleh Mas Alif.

Sampai tanggal 14 /05/2019 ketika saya sudah kembali di Brussels saya kembali bertanya ada apa dengan kartu kredit saya dan diinfokan jika dari pidah BCA sudah mencoba menghubungi nomor saya dan tidak tersambung, sampai detik ini tidak ada panggilan dari nomor Indonesia di HP saya. Kemudian saya kembali meminta dihubungi kembali di nomor yang saya, dan diinfokan oleh Mas Komar jika saya harus menunggu kembali dari pihak BCA.

Tanggal 20/05/2019 saya bertanya kembali melalui DM dan dijawab pada tanggal 21/05/2019 oleh mas Raja dan kembali diinformasikan untuk menunggu. 

Saya sudah melapor dari tanggal 12 sampai tanggal 20 hanya diminta bersabar menunggu. Saya juga sudah mengirim email ke halobca@bca.co.id dan jawaban yang diberikan sekedar copy paste dan tidak memberi solusi sama sekali. Karena  saya lelah menunggu saya biarkan sampai tagihan saya datang pada bulan Juni ini dan Alhamdullilah ternyata tagihan di kartu kredit saya sesuai dengan apa yang saya gunakan.

Kemudian saya ingin membayar tagihan Kartu Kredit saya dan sialnya saya lupa PIN saya dan Mobile Banking saya terblokir. Saya kembali mengajukan keluhan baik melalui Twitter dan Email , hasil dari keluhan saya adalah saya harus menghubungi pihak BCA dari Brussels untuk membuka blokiran saya dan kemudian saya harus mengaktifkan Mobile Banking saya di ATM BCA.

Beberapa kali complain di Twitter dan saya harus mengulang-ulang masalah saya karena mereka tidak bisa membuka history complain saya, dan ini sangat menggangu karena saya harus menjelaskan dari awal ladi dan ujung-ujungnya saya harus menghubungi ke Indonesia.

Dari jawaban email yang saya dapat intinya saya harus menghubungi pihak BCA untuk membuka blokiran mobile banking saya dan saya harus tetap mengaktifkan mobile banking saya di ATM BCA, saya tanya ,kembali jadi saya harus kembali ke Indonesia hanya untuk mengaktifkan mobile banking saya dan jawabannya adalah iya.

Saya pernah mengalami masalah yang sama dengan Bank Mandiri dan mereka membantu saya meski juga prosesnya tidak mudah. Sampai detik inipun masalah saya belum selesai dan mobile banking saya tetap tidak bisa digunakan. Saya sebagai nasabah merasa kecewa dengan proses yang rumit dan pelayanan CS yang juga ribet dalam melayani nasabah.