Mohon tunggu...
Nine Nur Muharamah
Nine Nur Muharamah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Islamic Economics Student at University of Indonesia

Whatever you are, be a good one

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

FOMO: Definisi, Penyebab, Contoh, Gejala, dan Tips

24 Januari 2022   02:25 Diperbarui: 24 Januari 2022   02:28 205 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di abad ke-21 seperti sekarang, penggunaan gadget dan media sosial adalah hal yang sangat biasa. Tetapi penggunaan tersebut tidak lagi menjadi biasa jika para penggunanya mengalami FOMO. FOMO atau Fear of Missing Out adalah perasaan cemas, gelisah, dan takut 'tertinggal' yang utamanya disebabkan oleh penggunaan gadget dan medsos yang berlebihan. 

Apa Yang Dimaksud Dengan FOMO?

FOMO atau Fear of Missing Out adalah perasaan takut, gelisah, dan cemas akan ketinggalan informasi, trend, event atau momen tertentu. Dengan kata lain, kehadiran rasa takut dan cemas ini dipicu oleh perasaan 'tertinggal' dari orang-orang lain. FOMO ini kemudian akan membuat seseorang merasa kehidupan yang dijalani orang lain lebih baik sehingga menyebabkan orang tersebut 'memaksakan' atau 'mewajibkan' dirinya untuk mengetahui bahkan mengikuti cara atau pola hidup orang lain. 

Penyebab dan Contoh FOMO 

Di era serba canggih seperti sekarang, sangat mudah bagi kita untuk memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia lain dalam waktu yang singkat. Terlebih sekarang kita mengenal banyak media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan beberapa media sosial lain yang memudahkan kita untuk mengetahui setiap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar kita. Sayangnya kemudahan tersebut memunculkan beberapa efek negatif seperti FOMO. 

Beragam media sosial yang dapat diakses kapanpun ini memiliki banyak fitur, beberapa di antaranya adalah fitur foto dan video singkat. Fitur-fitur tersebutlah yang memicu FOMO pada sebagian banyak orang. Foto dan video yang menunjukkan aktivitas seseorang akan membuat orang-orang lain yang melihat foto dan video tersebut membandingkan kehidupannya dengan kehidupan sang pengupload foto dan video. 

Contoh FOMO yang paling sederhana adalah adanya perasaan atau keinginan untuk membuka media sosial secara terus menerus, seperti membuka aplikasi Instagram setiap 10 atau 15 menit sekali. Adanya keinginan untuk membuka media sosial secara terus menerus seperti itu tak lain dan tak bukan dipicu oleh adanya perasaan tidak nyaman, cemas, gelisah, atau perasaan takut tertinggal akan informasi dan trend yang sedang ramai dibicarakan oleh pengguna media sosial lainnya. 

Tanda-Tanda Orang yang Mengalami FOMO

Seperti yang dilansir oleh VeryWellMind bahwa FOMO ini bisa terjadi pada semua orang, artinya FOMO ini bisa dialami oleh orang-orang dari semua umur dan gender. Mari kenali beberapa tanda-tanda FOMO berikut ini.

  1. Memiliki kebiasaan untuk selalu membuka media sosial atau gadget.

  2. Lebih menaruh perhatian pada dunia maya ketimbang dunia nyata, hal ini disebabkan oleh adanya keinginan untuk diakui keberadaannya di dunia maya.

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
    Lihat Gayahidup Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan