Mohon tunggu...
Nicho Kosip
Nicho Kosip Mohon Tunggu... Penulis - Nulis kalo mood-nya ngumpul :)

Lulusan Ilmu Komunikasi angkatan 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Money

Ingin Halaman Web Anda Ramai Pengunjung? Terapkan Prinsip SEO dan SEM Ini

28 September 2020   15:43 Diperbarui: 28 September 2020   16:41 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: http://www.taylorsource.net/

Membahas mengenai SEO dan SEM, tentu bukanlah hal yang asing lagi buatmu bukan? Namun, apakah kamu sudah benar-benar memahami kedua hal ini? Yuk langsung simak saja pembahasan berikut ini.

Sebelum kita lebih jauh lagi, ada hal yang perlu kamu pahami dahulu terkait SEO dan SEM bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda, namun memiliki keterikatan antara satu sama dengan yang lain.

Search Engine Optimatization (SEO)

SEO atau Optimalisasi Mesin Pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju suatu situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut (Akbar dkk, 2012).

Sebuah web memiliki keterikatan hubungan dengan search engine (mesin pencari). Semakin baik konten maupun kemasan dari sebuah web maka akan semakin menarik pengunjung. Salah satu penunjangnya adalah SEO yang dapat mempermudah web mendapat pengunjung. 

SEO adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung web (viewers) berdasar pada search engine. Munculnya sebuah web dalam mesin pencari memerlukan teknik khusus. Teknik inilah yang dinamakan Search Engine Optimization (SEO). Teknik SEO mampu membuat sebuah web bertengger pada peringkat pertama ketika seseorang melakukan pencarian.

Proses kerja SEO

Nah, ketika kamu sudah tahu bagaimana manfaat dari SEO itu, tentu kamu ingin webmu muncul diperingkat awal bukan? Namun, tentu tidak semudah itu. SEO juga memiliki sistem atau prosedur kerjanya. Diantaranya:

  1. Menganalisis web terlebih dahulu
  2. Mengambil poin-poin (keywords) yang menjadi highlight web
  3. Menganalisis dan membandingkan kinerja web sebelum dan sesudah dilakukan penerapan SEO

Tujuan SEO 

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs/web pada posisi puncak atau minimal pada halaman pertama dari hasil pencarian. Hal tersebut didapati ketika seseorang melakukan pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logika ketika situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian tentu memiliki peluang yang lebih besar untuk pendapat kan total pengunjung lebih banyak.

Secara singkat, SEO menjadi poin penting dalam proses peningkatan citra atau pemasaran web. Sehingga tidak heran dalam proses marketing, SEO menjadi pemegang peranan utamanya. 

Search Engine Marketing (SEM)

SEM sebenarnya merupakan ‘induk’ dari SEO. Jadi dapat dikatakan SEO adalah salah satu bentuk atau model turunan dari SEM. Search engine marketing (SEM) adalah sebuah strategi atau taktik marketing yang tujuannya untuk meningkatkan jumlah pengunjung web serta rating website di mesin pencari. (taylorsource.net)

Bentuk pemasaran SEM ini banyak dijumpai di internet. Fungsi SEM adalah untuk meningkatkan visibilitas web di halaman utama hasil mesin pencarian. Dengan kata lain SEM membayar harga untuk mendapatkan  traffic di mesin pencarian seperti Google. Dengan pemanfaatan SEO dengan benar, tentu SEM yang ada juga dapat dengan mudah diimplementasikan. 

Model SEM

SEM terdiri atas dua model. Untuk model pertama biasa dikenal sebagai SEO, yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan untuk model kedua adalah PPC atau pay per-click. PPC atau Pay Per click adalah salah satu model marketing dimana setiap marketer (Pemasang iklan) hanya perlu membayar jika iklannya di klik oleh target audiens. (domainesia.com). Kedua model tersebut menjadi bagian penting dari SEM. Tanpa adanya kedua model tersebut, tentu SEM tidak akan berjalan.

Peran Penting SEM Dalam Pemasaran

Taylorsource.net menjabarkan beberapa peran penting SEM dalam dunia marketing terkhusus (digital marketing) . Diantaranya:

  1. Mampu melakukan promosi pada target pasar tertentu
  2. Meningkatkan pengunjung website 
  3. Membangun brand awerness

Sistem Kerja SEM

Sama halnya dengan SEO, SEM juga memiliki prosedur kerja untuk memaksimalkan hasil pencarian menggunakan algoritma atau rumus perhitungan yang cukup rumit. Meskipun begitu, SEM mampu membuat iklan yang dipasang muncul pada bagian atas atau samping dari halaman hasil mesin pencari. Untuk mencapai hasil tersebut, adapun beberapa cara yang dapat dilakukan ketika ingin menggunakan layanan SEM versi jurnal.id, diantaranya:

  1. Melakukan registrasi pada penyedia layanan SEM.
  2. Menentukan detail iklan yang diinginkan seperti keywords, dsb.
  3. Mesin pencari kemudian melakukan pelelangan harga antar pengiklan dengan keyword sama.
  4. Mesin pencari kemudian akan menampilkan pemenang lelang pada halaman hasil mesin telusur.
  5. Terakhir, pemenang lelang akan mendapat laporan kinerja iklan dan selanjutnya wajib membayar sejumlah klik yang didapatkan.

Nah, gimana nih? Setelah membaca tentu lebih paham mengenai SEO dan SEM kan? Tunggu apalagi, yuk terapkan prinsip ini dalam webmu supaya dapat lebih banyak menarik pengunjung. Aku tunggu!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun