Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya

Selanjutnya

Tutup

Film

"Beyond Evil", Perdebatan Psikologi sebagai Teman vs Rekan Kerja Seorang Calon Tersangka

6 Maret 2021   00:15 Diperbarui: 6 Maret 2021   02:14 607 1 0 Mohon Tunggu...

20 tahun sebelumnya...
Lee Dong Shik menjadi tersangka utama pembunuhan karena stik gitarnya ditemukan di dekat jasad korban. Pada saat yang sama, adek kembarnya, Lee Yu Yeon justru menghilang. Namun, seseorang telah memotong 10 ruas jari tangan Yu Yeon dan meletakkannya di atas bangku taman di halaman rumah orangtua Dong Shik & Yu Yeon. Dong Shik ditangkap dan menjalani hukuman di penjara.


Ketika masih di penjara, ayah Dong Shik terus menunggu Yu Yeon. Di suatu hari musim dingin dengan tanah tertimbun salju, ayah Dong Shik terjatuh dan meninggal karena kedinginan.


Kang Jin Mook, seorang yatim piatu yang dipelihara dan dirawat oleh orang tua Dong Shik. Bertahun-tahun di rumah Dong Shik, Jin Mook telah menjadi anak bagi orangtua Dong Shik.
Jeong Je, Ji Hwa dan sebagian besar penduduk setempat menyaksikan bagaimana Dong Shik beruraian air mata ketika ditangkap karena dengan pribadi yang hangat dan periang manalah mungkin Dong Shik bisa menyakiti orang lain.

20 tahun kemudian... Kini.
Han Ju Won (Yeo Jin Go), seorang inspektur polisi dari Seoul, mendatangi Munju demi mencari jawaban atas kasus yang ditinggalkan ayahnya (yang polisi juga) ketika itu. Karena kurangnya bukti, kasus tersebut dihentikan penyelidikannya. Misi lain Ju Won adalah mencari jejak orang hilang karena tugasnya di bagian Departemen Urusan Luar Negeri Kepolisian Negara.


Ju Won mendapatkan seorang partner yang lebih tua, Dong Shik. Lee Dong Shik (Shin Ha Kyun) telah menjadi polisi lokal, akrab dengan penduduk setempat. Hubungan rindu dendam Dong Shik dan penduduk setempat terus bergerak seperti pendulum. Sebagian sangat mempercayainya karena kepeduliannya terhadap warga Munju. Sebagian lagi mempercayai bahwa Dong Shik adalah pembunuh.


Park Jeong Je (Choi Dae Hoon) dan Oh Ji Hwa menjadi polisi lokal. Secara rutin, Dong Shik, Jeong Je, Ji Hwa, Oh Ji Hoon (Nam Yoon Soo) -adik Ji Hwa yang juga seorang polisi- dan beberapa orang terdekat akan makan malam bersama di kedai daging Manyang, Yoo Jae Yi (Choi Sung Eun). Jae Yi mengelola kedai tersebut setelah ibunya, Han Jeong Im, menghilang.


Beberapa polisi sedang makan malam di kedai Manyang ketika Kang Min Jung - anak perempuan Kang Jin Mook - menghilang. Yang mengerikan adalah ketika pagi hari Dong Shik mengunjungi toko Jin Mook menjadi orang pertama yang menemukan 10 ujung jari Min Jung di depan toko tesebut.


Lalu berturut-turut terungkap kebenaran, bahwa Han Jeong Im, kasus orang hilang 10 tahun lalu; 3 tahun sebelumnya partner Dong Shik, Bang Ju Seon, ditemukan tertembak, merupakan kasus-kasus yang tidak pernah terpecahkan. Tidak ada bukti penting, alibi yang sempurna, membuat Dong Shik terus luput jadi tersangka.


Bukti yang memberatkan Dong Shik masih terus dicari. Pada saat bersamaan, Dong Shik mengetahui keterlibatan Ju Won atas kepemilikan ponsel kloning yang dimiliki seorang wanita. Belum ditambah interfensi ayah Ju Won, seorang calon KomJen Kepolisian, atas penangkapan tanpa surat perintah terhadap Dong Shik.
***

Perdebatan Psikologi sebagai Teman vs Rekan Kerja Seorang Calon Tersangka
Warga Munju penasaran ingin mengetahui siapa yang menjadi pelaku kejahatan. Bagaimana bisa kejahatan yang 20 tahun lalu terjadi bisa muncul lagi. Apakah ada seorang peniru?


Do Hae Won - ibu Park Jeong Je- adalah seorang anggota dewan yang sedang mencalonkan diri sebagai walikota. Demi upaya kampanyenya, menunjukkan antusiasme terhadap kasus ini. Hae Won dengan tegas melarang Jeong Je untuk terlibat lebih dalam penyidikan kasus ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x