Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Meneladani Nabi Muhammad, Giat Tahajud dan Sedekah

30 November 2022   20:11 Diperbarui: 30 November 2022   20:21 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah (QS Al Ahzab: 21)

Demikian pembukaan kajian Islam yang diadakan Seksi Rohani Fosil 88 atau Forum Silaturahmi Alumni SMP Negeri 2 Depok angkatan 1988, pada Minggu 6 November 2022.

Kajian memang mengupas perilaku Nabi Muhammad SAW mengingat masih suasana Maulid Nabi Muhammad SAW. Di antara perilaku agung yang tidak pernah luput dilakukan Nabi, yaitu shalat malam dan bersedekah.

Ustadz Abdullah Sugiatno, S.Pd, menyampaikan kajian yang mengupas "Muhammad SAW, Sang penggiat shalat malam yang rajin bersedekah" itu. Berikut kajiannya.

Ketika kita membahas sejarah hidup baginda Nabi Muhammad SAW
seharusnya bukan hanya sekedar untuk mengetahui dan menghafal peristiwa- peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan Nabi.

Bagi seorang muslim membahas sejarah hidup Nabi besar Muhammad SAW harus bertujuan untuk menghadirkan model paling sempurna dan ideal dalam pengamalan ibadah dan muamalah.

Untuk kemudian menginspirasinya untuk menjadi menjadi manusia terbaik yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, orang lain dan masyarakat. Hakekatnya semua nilai keteladanan terbaik Rasulullah ada di semua bidang kehidupan manusia.

"Dalam kesempatan ini saya akan membatasi pembahasannya dalam hal ibadah dan muamalah. Ibadah yang dibahas di kajian ini adalah qiyamul lail atau shalat tahajud dan muamalah yang dikaji adalah sedekah," tutur ustadz yang juga bagian dari Fosil 88 ini.

Ustadz Abdullah Sugiatno, S.Pd (dokumen pribadi)
Ustadz Abdullah Sugiatno, S.Pd (dokumen pribadi)

Shalat Tahajjud

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun