Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hijrah dan Kisah Pembunuh 100 Nyawa

2 Agustus 2022   12:58 Diperbarui: 2 Agustus 2022   13:00 127 16 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: kompas.com

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram" (QS: at-Taubah: 36)

Bulan haram dalam Islam terdiri dari 4 bulan yaitu Muharram, Rajab, Zulqaidah, dan Zulhijah. Karena itu, keempat bulan ini sangat dimuliakan karena di dalamnya terdapat banyak keutamaan.

Dikatakan bulan haram, yaitu bulan tenang, bulan yang diharamkan atau dilarang untuk berperang. Bukan bermakna bulan yang haram.

Sebagaimana kita ketahui terdapat 10 hari yang diagungkan, yaitu 10 hari awal Dzulhijah, 10 hari terakhir Ramadhan, 10 hari pertama Muharram.

"Muharram merupakan permulaan tahun dalam kalender Islam yang menandai pergantian tahun Hijriyah," kata Ibu Wahyu Diati dari Sekolah Ibu Bahagia (SIB) dalam kajian Islam, Minggu 31 Juli 2022 malam selepas Isya. Kajian mengupas Tahun Baru Islam 1443 Hijriah. 

Mendapati bulan Muharram adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi kita. Di bulan ini, Allah memberikan bonus ganjaran pahala bagi orang yang mengerjakan amalan ibadah dengan sungguh-sungguh. Karena itu, sebaiknya jangan disia-siakan.

Baca juga: Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah dan Amalan yang Dianjurkan

Amalan khusus di bulan Muharram

1. Puasa
Rasulullah SAW bersabda, "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim no. 1163).

Memperbanyak puasa sunnah pada bulan ini, terutama ketika hari 'Asyura (10 Muharram). Jika ingin lebih afdal bisa berpuasa selama dua hari, yaitu 9 dan 10 Muharram.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan