Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Memaknai Hidup dalam Sepiring Rujak

12 Maret 2021   21:29 Diperbarui: 12 Maret 2021   22:10 882
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini, Jumat (12/3/2021), saya menghadiri agenda pertemuan yang diadakan Kementerian Koperasi dan UKM di Ole Suites Hotel & Cottage, Darmawan Park, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saya tiba di saat jadwal makan siang. 

Jadi, sesampainya di sini saya pun diarahkan ke ruang makan. Di sini, tersaji aneka makanan. Saya perhatikan ada tumis kangkung, mujaer sambal ijo, telur rebus, ayam goreng, soto, dan sambal goreng.

Di bagian kanan tersedia aneka dessert, salah satunya rujak buah. Wow rujak? Rasanya saya sudah lama tidak makan rujak. Kasihan banget yak saya. Jadi, selera saya pun langsung tergugah.

Tanpa aba-aba rujak berisi potongan jambu air, nanas, kedongdong, bengkuang, mangga, mentimun  terhidang di piring. Tak lupa dilumuri bumbu rujak.

Saya pastikan rujak adalah makanan favorit hampir semua orang. Makanan yang ada di tiap daerah di nusantara, dengan resep beraneka ragam. Jenis makanan tradisional yang tidak lekang oleh waktu. Makanan yang sering dihadirkan dalam tradisi-tradisi masyarakat.

Rujak juga kerap diidentikkan dengan perempuan yang tengah hamil muda. Biasanya rujak menjadi menu wajib yang harus ada. Setidaknya berkaca pada masa-masa saya hamil tiga bulan pertama.

Buah-buahan ini disajikan bersama dengan bumbu berupa sambal yang terbuat dari kacang, cabai rawit, gula, asam, dan bahan-bahan pelengkap lainnya.

Perpaduan rasa segar dan asam dari buah-buahan serta rasa pedas dari sambal membuat rujak begitu menggiurkan dan banyak yang menyukainya.

Hmmm...rujak yang menggugah selera. Saya pun mencobanya. Mangga dan kedongdong agak asem, ah biasa ini mah. Saya coba nanas yang tidak terlalu manis, tapi setelah dicocol bumbu rujak, rasa manis tersamarkan, tapi tetap enak.  

Lalu melahap mentimun, jambu air dan bengkuang yang rasanya sedikit tawar karena dikenal dengan buah yang lebih banyak mengandung air. Meski tawar, tidak perlu ditawar-tawar tetap nikmat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun