Mohon tunggu...
Neneng Uswatun Hasanah
Neneng Uswatun Hasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Enthusiast

seorang website dan digital marketing enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Memaksimalkan Website Sebagai Sarana Bisnis dan Marketing

20 Oktober 2022   10:44 Diperbarui: 21 Oktober 2022   12:07 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Era digital yang juga dipicu oleh pandemi pada 2020, meningkatkan jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital. UMKM yang dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia berhasil melewati masa sulit pandemi dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi. Hingga saat ini, UMKM disebut akan menjadi obat mujarab resesi karena terbukti dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan bertahan di masa sulit.

Hasil riset dari World Bank menyatakan bahwa 80% UMKM yang masuk ke ekosistem digital memiliki daya tahan yang lebih kuat di masa pandemi Covid-19. Target Presiden Jokowi yang mendorong sebanyak 30 juta UMKM masuk ke ekosistem digital pun sudah mendekati target. Pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi dan digitalisasi dengan baik pun menikmati hasil penjualan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Namun, masih banyak UMKM yang belum memaksimalkan website sebagai sarana penjualan dan marketing. Website marketing memiliki banyak keunggulan karena bisa digunakan untuk berbagai jenis digital marketing.

Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan website marketing, bisnis atau UMKM bisa lebih mudah ditemukan oleh pengunjung yang relevan. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar orang mencari informasi melalui Google ketika ingin membeli barang. Mereka akan mempertimbangkan brand atau produk yang muncul di pencarian atas Google. Di sinilah website marketing bekerja.

Pelaku UMKM dapat membuat konten yang relevan dengan produk dan target pasar semi meningkatkan engagement dan rasa penasaran calon pelanggan. Konten tersebut juga bisa dibuat dengan menerapkan SEO agar website bisa muncul di pencarian atas Google ketika orang mencari keyword tertentu yang terkait.

Dilansir dari blog Niagahoster, SEO juga bisa digunakan di luar website. Misalnya ketika bisnis memasang ads di media sosial, akan lebih baik jika menyematkan alamat website pada ads tersebut. Sehingga, traffic website akan bertambah dan meningkatkan ranking Google. Traffic dan kecepatan website bisa membantu menaikkan ranking website di Google dan meningkatkan kesempatan website muncul di pencarian teratas.

Bisnis yang memiliki website pun lebih dipercaya oleh calon pelanggan. Pasalnya, membuat website memerlukan keseriusan dan beberapa persyaratan yang tidak mudah. Terutama jika websitenya menggunakan domain .co.id yang membutuhkan dokumen-dokumen bisnis untuk bisa mendapatkan domain yang diinginkan. Bisnis yang rela melakukan itu semua tentunya akan lebih dipercaya pelanggan.

Bagi bisnis dan UMKM yang sudah memanfaatkan marketplace dan media sosial dalam transformasi digital, tidak ada salahnya untuk menambahkan website sebagai sarana bisnis dan marketing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun