Mohon tunggu...
Pandu Aji Wirawan
Pandu Aji Wirawan Mohon Tunggu...

Suka nulis di beberapa blog, diantaranya ada http://www.panduaji.net yang isinya cuma sekedar catatan perjalanan hidup. Selain itu juga mendokumentasikan tempat-tempat menarik Blitar di https://mblitar.net

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pakai 4G LTE Enggak Perlu Takut Solo Backpacker

6 Oktober 2015   07:27 Diperbarui: 6 Oktober 2015   07:34 103 0 0 Mohon Tunggu...

Kata Lao Tzu :

A good traveler has no fixed plans

Ya, seorang traveler enggak punya rencana yang pasti. Kurang lebih itu yang aku tangkep dari quote diatas. Sepertinya kalimat diatas memang cukup cocok dengan yang aku jalani selama ini. Aku enggak pernah punya rencana yang pasti ketika liburan. Hanya tujuan mau ke sini terus kesini lalu ke sini. Tetapi aku enggak (setidaknya belum) memikirkan bagaimana nantinya di sana.

Seperti perjalananku nanti sore yang bertolak ke Bandung. Perjalanan yang menempuh belasan jam dengan tujuan awal di Cimahi. Sampai saat ini aku enggak tahu nanti mau nginep dimana, setelah itu mau main kemana aja. Padahal aku ada rencana Rabu - Minggu ada di Bandung. Dan aku belum pernah main-main ke Bandung selain mampir bentar beberapa jam ketika kunjungan bersama teman-teman kuliah beberapa tahun silam.[caption caption="Bertemu Teman Baru Ketika Solo Traveling"][/caption]

Aku pun nantinya berangkat sendiri atau biasa disebut dengan istilah solo traveling. Aku sudah beberapa kali melakukan hal semacam ini dan cukup bisa menikmati solo traveling. Beberapa temanku juga suka dengan solo travel. Lebih asyik dan bebas aja sih :D.

Meskipun berangkat sendiri dan enggak punya rencana, tetapi kita kudu tetep mempertimbangkan berbagai macam kemungkinan yang akan terjadi selama perjalanan.

Bandung adalah salah satu kota terbesar di Indonesia, jadi banyak sekali informasi yang bisa di dapatkan di Internet. Di sinilah smartfren membuatku lebih berani untuk berangkat sendiri.Kalau nanti bingung mau nginep di mana, tinggal searching aja pakai Smartfren 4G LTE Advanced yang pastinya bakal kuenceng banget.

Kalau searching di warung kopi pinggir jalan, info tersebut sudah di dapat bahkan sebelum pesanan kopi kita jadi :D. Ini salah satu hal yang membuatku berani melakukan perjalanan tanpa fix plan selain jadwal datang dan pulang. Jadwal itu pun bisa saja berubah sesuai kondisi di lapangan :D.Selain itu bisa cari referensi tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi selama di sana, aku juga bisa baca-baca review beragam hal menarik yang pasti ada banyak.

Sekelas Bandung masa iya sih enggak ada review tempat-tempat menarik? Kota kecil ada, masa kota gede enggak ada? Dengan kecepatan yang super duper kenceng juga bisa meminimalisir penggunaan GPS tradisional (Gunakan Penduduk Sekitar) yang mungkin bakal bikin malu gegara terlalu banyak menggunakan GPS Tradisional.

Melalui smartphone yang terhubung dengan internet, aku bisa dengan mudah menemukan jalan maupun rute terpendek untuk menuju tempat yang nantinya mungkin ingin aku datengin. Jadi enggak perlu takut lagi untuk bepergian seorang diri ke kota besar yang masih asing, karena banyak informasi yang bisa kita dapatkan dengan koneksi yang super cepat.Karena salah satu cara tips untuk mengamankan diri di tempat yang asing adalah "bersikap biasa seolah-olah tahu dengan daerah tersebut dan tidak terlihat bingung".

Siap menjadi good traveler seperti kata Lao Tzu ? Segera persiapkan perangkat dan koneksi 4G mu sekarang juga! Nikmati serunya solo backpacker ke manapun sesuai keinginanmu! Kamu pasti akan mendapatkan teman baru ketika melakukan perjalanan seorang diri! Entah itu selama di jalan maupun memiliki tujuan yang sama.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x