Mohon tunggu...
Nana Marcecilia
Nana Marcecilia Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Menikmati berjalannya waktu

Mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Puzzle Soto Betawi

13 September 2021   22:23 Diperbarui: 13 September 2021   22:31 907
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Soto Betawi | Dokumentasi Pribadi

Aku dan ayah ibuku seperti tidak berani memecah keheningan. Kami hanya fokus mengunyah nasi putih yang hangat, yang dilengkapi dengan taburan bawang goreng, sedikit kuah dan daging sapi. Sesekali terdengar suara ayah dan ibuku menghirup kuah Soto Betawi. 

"Slurrpp", begitu bunyinya. 

Keheningan dalam menyantap Soto Betawi sama sekali tidak berani kami buyarkan, rasanya sekali kami memecah keheningan, kenikmatan rasa soto akan berkurang. Kami mesti makan secara mindful. 

***

"Be, Betawi itu kan di Jakarta, ya? Kenapa Soto Betawi bisa sampe ke Tangerang?", tanyaku kepada ayah selama dalam perjalanan pulang.

"Dulu dibikinnye di Jakarta, udah terkenal ya nyebar kemane-mane, kayak Soto Lamongan, Soto Kudus, kan ada dimane-mane tuh", jelas ayahku. 

Aku pun manggut-manggut memahami. 

"Bedanye Soto Betawi sama Soto yang lain ape, Be?", tanyaku lagi pada ayah.

"Kuahnye Soto Betawi pake santen sama susu, kalau yang lain rata-rata pade bening.", jelas ayah menatapku melalui kaca spion tengah, dan aku kembali manggut-manggut memahami. 

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun