Mohon tunggu...
Naely Lutfiyati Margia
Naely Lutfiyati Margia Mohon Tunggu... Desainer - Content Creator

Permanent Learner

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

2019 "Wish List"

7 Januari 2019   11:42 Diperbarui: 7 Januari 2019   12:18 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menyambut tahun baru sudah tentu dengan semangat yang baru pula. Tiap-tiap diri kita pasti memiliki resolusi dan harapan di tahun yang baru ini. Daftar resolusi di tahun lalu sudah saatnya dievaluasi. Apa saja yang belum tercapai dan di mana letak kesalahannya.

Resolusi itu sendiri bukan hanya sekedar daftar keinginan yang terpajang manis di dinding kamar. Namun perlu ada aksi, karena harapan harus berbanding lurus dengan tindakan.

Sebagai seorang muslim, kita memang harus selalu membuat resolusi. Sebab muslim yang mengerti hakikat hidup di dunia ini hanya sementara dan kehidupan akhirat yang kekal, akan selalu membuat resolusi terbaru untuk terus menempa diri agar menjadi hamba Allah yang taat.

Faktanya kini daftar resolusi dan harapan yang dibuat seringkali hanya sekedar ingin memiliki rumah baru, mobil baru, ingin ganti status bagi para jomblo, ingin jalan-jalan ke luar negeri dan keinginan-keinginan lainnya yang sifatnya hanya kesenangan duniawi saja.

Padahal sejatinya kita hidup di dunia ini hanya sementara. Kematian senantiasa akan menjemput kita dimanapun dan kapanpun. Tak kenal siap atau pun tidak. Dimulai dengan hari penghisaban, semua dari kita akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah kita perbuat selama di dunia. Dan itulah gerbang awal dimulainya kehidupan akhirat yang kekal dan abadi.

Jadi hakikatnya resolusi seorang muslim seharusnya jauh lebih mulia daripada itu. Yakni ketakwaan pada Rabb-nya yang kian meroket. Mengkristalnya aqidah Islam di dalam hati. Bertambahnya rasa cinta dan tanggung jawab pada agama-Nya. Semakin erat ukhuwah islamiyah antar sesama saudara seiman. Dan hal-hal positif lainnya yang sifatnya tidak duniawi semata.

Itu semua bisa membuat kita merasa senang yang tidak hanya di dunia. Namun akan berimbas pada kehidupan kita di akhirat kelak. Dan hal ini akan terwujud bila seluruh ummat muslim sadar bahwa persatuan dan kesatuan ummat muslim adalah penting.

Wallahu a'lam bish shawab.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun