Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Memahami Apa Itu Deforestasi Lewat Musik Orkestra Karya Musisi Indonesia di Belanda

9 Juni 2021   10:05 Diperbarui: 9 Juni 2021   10:12 599 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Apa Itu Deforestasi Lewat Musik Orkestra Karya Musisi Indonesia di Belanda
Ilustrasi hutan | Pexels/mali maeder

Isu Deforestasi semakin menjadi topik kuat, sejak kebakaran hutan hebat di Kalimantan. Ada banyak cara menunjukkan kecintaan pada lingkungan atau tanah air sendiri. Salah satunya dengan Memasukan pemahaman apa itu Deforestasi ke dalam musik.

Inilah yang dilakukan musisi Indonesia asal Pontianak yang bernama Nursalim Yadi Anugerah. Ia adalah seorang komponis asal Pontianak yang bekerja sama dengan librettist Belanda, Miranda Lakerveld dari World Opera Web.

Kedua musisi berasal dari dua benua ini menciptakan opera baru yang mengangkat tema deforestasi sebagai elemen di dalamnya. Menariknya, ini adalah opera pertama yang mengangkat isu lingkungan yakni deforestasi sebagai temanya.

Khususnya, mengenai deforestasi yang terjadi di Kalimantan.  Mengambil judul tema secara keseluruhan "Ine Aya', Suara Dari Hutan yang Perlahan Menghilang". Ine Aya ini adalah produksi dari Balaan Tumaan Ensemble Pontianak, World Opera Amsterdam, dan Holland Festival.

Opera jenis ini berasal di masa lampau, di dalamnya ada dialog, namun kali ini dengan dialog yang mengangkat pembahasan seputat isu lingkungan ini. Khususnya menyoroti permasalahan mengenai bagaimana pola konsumsi di belahan bumi bagian barat yang menyebabkan kerusakan budaya dan alam di belahan bumi lain.

Baca juga: Hari Lautan Sedunia: Mengenal Permasalahan Laut dan Kita Semua adalah Solusi

Penampilan pertama opera ini pada Rabu, 9 Juni 2021. Cerita dalam opera ini akan mempadukan dua kisah klasik dari kebudayaan barat serta timur. Cerita yang sama-sama mengisahkan tentang pentingnya menghormati alam dan sumber daya alam yang ada di dalamnya.

Topik seperti ini memberikan penekanan pada makna deforestasi itu sendiri. Bagaimana alam, semakin banyak diubah untuk kepentingan manusia. Lalu, bagaimana manusia akan bertahan di habitatnya jika sumber daya alam itu sendiri habis oleh keserakahan itu sendiri?

Apa itu deforestasi?

Manusia tentunta sudah tahu, bahwa fungsi hutan adalah sebagai paru-paru dunia. Ini karena hutan menghasilkan oksigen atau O2 yang menjadi penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Di dalam hutan, di sanalah kekayaan alam tersimpan.

Tak hanya flora, tetapi juga fauna yang menjadi sumber pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Para satwa di dalam hutan ini dilindungi. Sayangnya, terlalu banyaknya deforestasi terutama di Indonesia, menyebabkan ekosistem mereka perlahan hancur dan bagaiman jika akhirnya mereka benar-benar kehilangan tempat tinggalnya?

Apa itu deforestasi menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) dapat diartikan sebagai aktivitas penebangan hutan. Pengertian ini bisa dilihat dalam bentuk sederhananya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x