Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani (Buruh + Tani) di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Membaca Orientasi Nasdem pada Sosok Anies Baswedan

2 Juli 2022   19:58 Diperbarui: 2 Juli 2022   19:59 450 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrated By: kopi17an.com

Kerenggangan PDI P dan Nasdem, Surya Paloh dan Megawati

Masuknya nama Anies Baswedan dalam daftar nama bakal calon presiden dari Nasdem, bersama dua nama lainnya Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa dalam rapat kerja nasional (Rakernas) Nasdem.

Menggambarkan adanya bayangan bahwa partai Nasdem akan berpisah jalan dengan teman koalisi lama yakni partai PDI Perjuangan, gelagat arahini telah jelas terlihat jelang pilpres 2024 nanti.

Sikap Nasdem yang menyebutkan tiga bakal calon dalam Rakernas, menghangatkan sensi hubungan politik antara Nasdem dan PDI P semakin jauh dari kata berkoalisi seperti tahun 2014 dan 2019 betapa solidnya mereka.

Sehingga sindir menyindir antar ketua umum parpol, Surya Paloh dan Megawati terlihat dalam narasi yang disampaikan dalam rakernas kedua partai. Menjurus kepada saling balas sindiran politik beberapa waktu yang lalu, makna "Partai Sombong."

Bayangan ini diperkuat lagi dengan monuver yang dilakukan Surya Paloh yang gencar, bersafari dengan petinggi parpol PKS dan Demokrat, bersilaturahim pada SBY dan Jusuf Kalla, jelas isyarat tuk menjadi rival bagi PDI P, membangun poros kekuatan sepertinya.

Membuat hangat partai PDI Perjuangan, publik sepertinya menilai adanya hubungan kurang harmonis dari kedua partai. Diketahui dulu pernah menjalin koalisi bersama selama dua kali pilpres berlangsung. 

Merunut perjalanan politik  kemistri dari koalisi PDI P dan Nasdem tahun 2014 dan 2019, bersama mengantarkan Jokowi menjadi Presiden selama dua periode. 

Tapi ditahun 2024 yang belum jelas, tanpaknya menunjukan perberbedaan haluan antara Megawati dan Surya Paloh, memiliki jalannya sendiri, untuk menyukses hajat partai pada pemilu mendatang.

Selain Nasdem ada parpol lainnya juga bergerak sama, parpol yang dulu pernah berkoalisi dengan partai pemenang pemilu, PKB misalnya. Yang kini menjajaki hubungan mesra dengan partai Garuda, Gerindra.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan