Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Penulis amatir yang lagi belajar menulis

Buruh Tani di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tanaman Mitologi yang Ada di Kampungku

6 April 2021   06:33 Diperbarui: 6 April 2021   07:24 173 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanaman Mitologi yang Ada di Kampungku
PInang sirih. sumber: indonesiakaya.com

Dunia mistik antara percaya atau tidak percaya

Kemajemukan bangsa Indonesia yang kaya dengan keanekaragamannya. Baik dari segi budaya, tradisi, bahasa, dan kearifan lokal mestinya kita harus mensyukurinya, bentuk kekayaan ini merupakan "branding" daya tarik yang luar biasa bagi kita.

Yang mana tidak dimiliki oleh bangsa lain, hanya bangsa kita miliki. Kesenian yang berbeda-beda, masakan yang enak dan buanyak jenis, rumah/pakaian adat. Ciri khas suatu dearah dengan daerah lain yang penuh pesona. Kaya akan keaneragaman.

Bahkan mampu menarik bagi bangsa luar untuk berkunjung kepada derah kita, seperti pulau Dewata Bali misalnya. Tidak dipungkiri mereka juga telah banyak belajar mendalami budaya kita loh, bahkan ada yang klaim hak paten budaya kita, miris. Dan melakukan berbagai riset tentang bangsa kita, seperti keragaman suku ditanah air.

Selain kekayaan diatas yang kita punya, cerita urban, tempat keramat, jejak spiritual/supranatural bersifat mistis dan mitologi yang dipercayai oleh masyarakat disetiap daerah.  Kita juga punya itu dan mempunyai keunikan tersendiri.

Percaya atau tidak percaya, terkadang kepercayaan sedikit mistik yang beredar di masyarakat berdaya magis tersebut sudah ada dari zaman nenek moyang, diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Walaupun perkembang IPTEK yang ada sekarang semakin melesat, kepercayaan mitologi masih dipercayaai oleh masyarakat khusus diperkampungan.

Saya yakin disetiap daerah pasti ada memiliki kepercayaan ini. Kepercayaan supranatural berdaya magis berhubungan dunia mistik. Meskipun diluar akal sehat, logika/rasio, agama kita yakini terkadang kepercayaan mistik jelas terbukti adanya. Benar benar ada seperti itu.

Seperti terjadi di suku Rejang prihal kesapo yang pernah penulis bagikan, orang dengan mengidap gejala demam, kepala sakit, meriang. Hanya bermodalkan kunyit yang telah dijampi seorang yang memiliki kemampuan (dukun) memantrai pada kunyit, lalu dioles dikening, kedua telapak tangan dan kaki. Akhirnya baikan, Ajaib deh.

Untuk itu kali penulis ingin kembali menuangkan uneg-uneg dalam tulisan receh berkaitan dengan cerita mistik atau mitologi di masyarakat desa bagi orang Rejang dengan kebiasaan orang Rejang dalam menanam beberapa tanaman yang bersifat mistik. Dikampungku, tempat tinggal penulis.

Tanaman ini lazim kita lihat dan konsumsi, baik sebagai bumbu dapur maupun sebagai obatan tradisional. Tanaman sangat mudah didapat dan ditanami loh.

Namun dikampungku selain dua hal diatas tanaman ini dijadikan untuk berobat ala perdukunan. Nah, dunia mistik sudut pandang dunia pertanian/dunia bercocoktanam.  Yang mesti dijadikan pertimbangan untuk menanam tanam dipekarangan terhadap tanaman multimanfaat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x