Mohon tunggu...
Muhammad Syachrul
Muhammad Syachrul Mohon Tunggu... Mahasiswa - penulis Amatir

Marketing and Supervisor Event

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ternak Ayam dan Ikan Lele di Kala Pandemi Menjadi Solusi

5 Agustus 2021   03:55 Diperbarui: 5 Agustus 2021   03:58 61 3 0 Mohon Tunggu...

Pandemi COVID-19 dimulai sejak tahun 2019 akhir. Pandemi kali ini telah menjadi sebuah peristiwa yang sangat berdampak terhadap segala aspek kehidupan. Sektor ekonomi mendapatkan dampak yang sangat besar pada situasi pandemi ini. 

Beberapa jenis mata pencaharian khususnya yang berkecimpung di Industri Event kesulitan untuk bertahan di situasi pandemi saat ini dan menyebabkan beberapa karyawan di Industri event kesulitan mendapat mata pencaharian di bidang Event Contohnya,karyawan dari DSA Project dan APro SoundSystem

Program KKN Tematik periode ini ditujukan untuk membangun desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi. Program KKN Tematik dilaksanakan untuk memberikan kontribusi aktif dalam penanggulangan dan pencegahan dampak COVID-19. 

Maka dirancanglah program kegiatan merintis usaha berbasis potensi lokal. Kegiatan ini dilakukan di lokasi rumah tinggal dan Warehouse karyawan DSA Sound Project juga A Pro Soundsystem di Kp.Cisasawi, Kel.Cihanjuang, Kec.Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan Mulai tanggal 2 Juli 2021 sampai dengan tanggal 30 Juli 2021 menghasilkan gagasan untuk membuat UMK hewan Ternak Ayam dan Ikan Lele sebagai Project utama dalam kegiatan KKN Tematik ini. 

Gagasan Program ini disambut baik oleh Masyarakat setempat dan karyawan yang mata pencahariannya terdampak karena pandemi. Perencanaan dan penghitungan matang menjadi alasan utama mengapa program tersebut rasional untuk dilaksanakan.

Ayam Kampung menjadi pilihan untuk diternakkan dalam program kegiatan ini karena, Ras Ayam Kampung memiliki tujuan pasar penjualan yang lebih terarah. Ayam kampung memiliki beberapa kelebihan dibandingkan ayam pedaging biasa. Ikan lele menjadi pilihan berikutnya karena, Ikan lele tergolong ikan yang tangguh dalam segala macam cuaca juga iklim yang berbeda dan Ikan lele merupakan jenis ikan yang digemari oleh masyarakat dengan harga terjangkau.

Dokpri
Dokpri

Masa Panen dari ayam kampung tersebut diperkirakan mencapai waktu 5 bulan lamanya,Berat 2kg akan menjadi target berat minimal dari ayam kampung untuk dijual. 

Masa budidaya ikan lele akan memakan waktu sekitar 3 bulan lamanya terhitung sejak awal kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan. Acuan besaran 1kg terdiri dari 7 hingga 8 ekor adalah kisaran berat ikan yang optimal untuk dipanen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x