Mohon tunggu...
Muhammad Luthfi
Muhammad Luthfi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis dari Universitas Jember

Haii Namaku Luthfi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Unej: Kelas KKN Pembuatan Konten Edukasi sebagai Sarana Belajar Literasi dan Pencegahan Hoax

17 September 2021   07:51 Diperbarui: 17 September 2021   08:24 40 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Unej: Kelas KKN Pembuatan Konten Edukasi sebagai Sarana Belajar Literasi dan Pencegahan Hoax
Dok. pribadi

Jember --  Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia membuat segalanya harus menggunakan media digital. Salah satu sektor yang paling terdampak adalah pendidikan yang mengharuskan semua beradaptasi menggunakan media online. Namun, tentu saja media online memiliki dampak positif dan negative. Dampak positif dari menggunakan media online adalah, siswa atau guru tidak perlu pergi ke sekolah, dan otomatis terhindar dari penularan virus corona. Namun, dampak negative juga membayangi para siswa dan guru dalam pembelajaran online. Seperti kesulitan dalam koneksi internet, keterbatasan alat untuk pembelajaran, terbatasnya akses untuk ke sekolah dan jenuhnya belajar secara online.

Kejenuhan belajar online memang tidak dapat terhindarkan. Mengingat sepanjang hari, siswa harus menatap layar handphone dan laptop untuk mendengarkan materi yang diberikan oleh guru-guru mereka. Ditakutkan metode seperti ini tidak akan memberikan dampak pembelajaran kepada mereka. Pada KKN Back To Village III mahasiswa mencoba memberikan pelatihan pembuatan dan pendampingan pembuatan konten edukasi, agar memberikan variasi dalam proses belajar mengajar. Dan juga memberikan materi berupa pencegahan hoax di kalangan guru-guru sekolah dasar.


Materi pelatihan dikemas dengan kelas KKN yang terdiri dari 4 kelas yang berbeda. Kelas KKN pertama membahas cara penulisan untuk membuat konten menjadi lebih efektif.

Gambar 1.1. Kelas KKN Penulisan - Dok. pribadi
Gambar 1.1. Kelas KKN Penulisan - Dok. pribadi

                                                                                               

Pada kelas ini diajarkan dasar-dasar penulisan sederhana dan langkah-langkahnya dalam membuat konten dan merancangnya. Dengan kelas ini diharapkan guru mempunyai panduan dalam membuat konten karena sudah merancangnya lebih dulu.


Selanjutnya adalah kelas KKN kedua yaitu penyuluhan hoax kepada guru-guru SD Panti 02.

Gambar 1.2. Penyuluhan Hoax - Dok. pribadi
Gambar 1.2. Penyuluhan Hoax - Dok. pribadi

                                                                                                   

Mengingat penyebaran hoax sangat meresahkan, terutama di masa pandemic seperti ini, mahasiswa harus memberikan penyuluhan secara komprehensif dan jelas kepada guru-guru SD Panti 02.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan