Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Never give up

Just To Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengasah Kreativitas Anak

19 Maret 2020   18:52 Diperbarui: 19 Maret 2020   19:01 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengasah Kreativitas Anak
liputan6.com

Kreativitas merupakan suatu kreasi orang yang berupa pemikiran, bisa pula berbentuk benda hiasan dan benda untuk kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut saya kreatif adalah suatu kemampuan orang untuk menghasilkan suatu yang baru, yang berupa gagasan maupun karya nyata, yang menghasilkan karya baru dengan berkombinasi dari beberapa hal kemudian menjadi modifikasi karya barunya.

Proses-proses Kreatif dibagi menjadi 3 yaitu:

a. Kepekaan 

Kepekaan adalah suatu alat Indra yang digunakan sebagai jendela untuk mengetahui dan menguasai dunia maupun lingkungannya. Contohnya: anak bisa menemukan masalah atau memecahkan suatu masalah yang dapat mendeteksi dan mengidentifikasi adanya suatu masalah.

b. Penggabungan 

Penggabungan dimaknai sebagai menggabungkan bersama bagian-bagian yang terpisah ke dalam totalitas fungsi yang berguna. Contohnya: pendidik dapat menggabungkan antar elemen benda, dengan menggabungkan antar anak yang berbeda minat, hobi, dan kelompok yang berbeda-beda.

c. Keberuntungan

Keberuntungan sendiri adalah suatu penemuan yang terjadi secara beruntung atau kebetulan dan tanpa direncanakan suatu akibat adanya suatu kejadian atau kesempatan. Contohnya: kadang-kadang anak dapat menemukan suatu cara baru yang sebelumnya belum terpikirkan, kemudian setelah anak melihat suatu kejadian yang dapat menghadapi atau memecahkan masalah yang harus dicari jalan keluarnya sendiri.

Meningkatkan Kreativitas

Adapun cara untuk meningkatkan suatu kreativitas dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Mengembangkan Pengetahuan Dasar 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN