Mohon tunggu...
Muhammad Syahrul Adhim
Muhammad Syahrul Adhim Mohon Tunggu... Penulis - Jurusan Kesenyapan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Bersyukur Masih Bisa Menulis dan Belajar -Beribadah Puisi IG: syahrul.inc

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kenapa Harus Bisa Bahasa Inggris? Kalau Setiap Harinya Memakai Bahasa Indonesia

26 Juli 2022   16:10 Diperbarui: 26 Juli 2022   16:17 194 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Ilustrasi bingungnya seseorang jika mengetahui bahwa bahasa inggris sangat penting (diambil dari merdeka.com)

Di zaman seperti sekarang ini, akan semakin banyak perkembangan dan kemajuan di dunia ini. Mulai dari teknologi dan perdagangan bebas antar negara. Contohnya seperti pendapat yang menyatakan bahwa suatu perusahaan akan dikatakan bagus, maju, dan besar apabila perusahaan itu bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga ekspor ke luar negeri dalam jumblah besar. Namun pastinya bahasa yang kita gunakan dan bahasa orang luar negeri tentunya berbeda, maka ada bahasa internasional seperti bahasa inggris yang bisa kita gunakan untuk komunikasi dengan orang luar negeri. Bahkan ketika kita melamar kerja di suatu perusahaan di luar negeri pastinya akan menggunakan bahasa inggris intuk cara komunikasi kesehariannya.

Seberapa pentingnya penggunaan bahasa inggris?

Dikutip dari multikultural oleh ainul yaqin bahasa inggris menjadi bahasa internasional karena dalam sejarah bangsa inggris memiliki wilayah jajahan terluas yang mempengaruhi perluasan penuturan bahasa oleh bangsa-bangsa jajahanya yang menjadikan bahasa sehari hari mereka.

Setiap hari ada jutan orang yang menggunakan bahasa inggris untuk kehidupan sosial mereka. Seperti di tempat kerja dan di tempat wisata. Dan juga pertemuan antar negara yang menjadikan bahasa inggris menjadi bahasa komunikasi mereka karena setiap negara pasti memiliki bahasanya masing", maka dari itu bahasa inggris menjadi narahubung untuk orang yang bertemu dari negara yang berbeda, kecuali jika kalau mereka memahami bahasa yang digunakan oleh lawan bicara mereka.

Di indonesia bahasa inggris dianggap sangat penting untuk dipelajari. Penduduknya diwajibkan belajar bahasa inggris sejak sekolah dasar hingga di bangku perkuliahan pun masih diwajibkan. Bahkan sampai ada banyak kursus bahasa inggris di beberapa daerah seperti di daerah kota pare yang di sepanjang jalan pasti kalian akan menemukan kursus bahasa inggris. Karena sejatinya kita disuruh belajar bahasa inggris sejak kecil itu untuk skill yang bagus dan persiapan di dunia kerja.

Jika kalian sudah memasuki dunia kerja, maka bahasa inggris akan di butuhkan. Terlebih bahasa ini akan sangat bermanfaat jika kalian bekerja di perusahaan yang menjual produknya ke luar negeri. Jadi kalian tidak usah bingung bagaimana cara berkomunikasi dengan pembeli yang bahasanya asing bagi kalian. Karena kalian bisa menggunakan bahasa inggris untuk jadi penghubung kalian pastinya mereka calon pembeli juga bisa bahasa inggris.

Kalian juga bisa menggunakan bahasa inggris untuk melamar pekerjaan di perusahaan luar negeri. Yang pastinya jika kalian bekerja di suatu perusahaan asing maka tuntutan keterampilan bahasa inggris akan lebih besar lagi. Bagaimana tidak, karena jika kalian tidak meningkatkan keterampilan bahasa inggris kalian akan kesusahan untuk berkomunikasi sehari harinya. Entah dengan rekan kerja yang juga sama-sama dari negara asing.

Sebegitu pentingnya bahasa inggris bagi kehidupan kita nanti. Ada beberapa orang yang umurnya sudah tua namun dia masih belajar bahasa inggris kenapa? Lagi-lagi tuntutan pekerjaan. Jadi belajar itu tidak ada batasan usia, jika kalian bisa belajar lebih awal kenapa harus menunggu di usia tua?. Gunakan bahasa inggris sebagai investasi bagi diri kalian sendiri untuk masa depan nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan