Mohon tunggu...
Encang Zaenal Muarif
Encang Zaenal Muarif Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Lepas, Youtuber, Petani, Pebisnis Tanaman

Tak kenal maka tak sayang. Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat. Pemilik kanal YouTube Abah Alif TV dan Barokah Unik Farm. Mantan wartawan dan Redaktur Pelaksana SK Harapan Rakyat. Ketua Yayasan Al Muarif Mintarsyah sekaligus pendiri SMP Plus Darul Ihsan Sindangkasih. Kini aktif di PGRI dan diamanahi sebagai Ketua PGRI Cabang Kec. Banjar dan sekretaris YPLP PGRI Kota Banjar. Untuk menyalurkan hobi menulis, aktif menulis di berbagai media cetak dan media online. Karena seorang anak petani tulen, sangat suka bertani dan kini menjadi owner Toko Barokah Unik Tokopedia, yang menjual berbagai jenis bibit tanaman, di antaranya bibit kopi, alpukat dan lain sebagainya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Akan, Tidak Akan, dan Akankah? dalam Bahasa Inggris

6 Maret 2024   14:56 Diperbarui: 6 Maret 2024   15:01 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri. Mengajar Bahasa Inggris di Kelas XII IPS 1

Hallo....Selamat bertemu kembali anak-anakku pelajar SMP, SMA/sederajat, serta seluruh Kompasianer  pembelajar pembelajar Bahasa Inggris pemula di manapun Anda berada. Semoga Anda sehat selalu.Kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat kalimat yang mengandung kata "akan, tidak akan, dan akankah (apakah....akan?) dalam Bahasa Inggris?

Sebuah bentuk kalimat sederhana  yang berfungsi untuk menyatakan pekerjaan, atau sebuah kondisi di masa yang akan datang, dalam Bahasa Inggris dinamakan Simple Future Tense.

Simple artinya sederhana. Future artinya masa depan, dan Tense artinya bentuk kalimat. Jadi sekali lagi, Simple Future Tense adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu pekerjaan yang direncanakan atau  akan dilakukan di masa yang akan datang.

Masa yang akan datang, bisa saja nanti siang, besok, lusa, bulan depan, tahun depan, bahkan 1 menit ke depan pun dinamakan masa depan. Intinya, masa depan adalah masa yang belum kita lalui.

Supaya tidak terlalu melebar, mari kita lihat rumus kalimat "akan", atau kalimat Simple Future Tense berbentuk positif. 

SIMPLE FUTURE TENSE BERBENTU POSITIF (AKAN)

(+) Subject + shall/will+ Verb 1 + Object + Adverb 

Catatan:

Subject = I (Saya), You (Kamu/Kalian), We (Kami/kita), They (Mereka), He (Dia laki-laki), She (Dia perempuan), It (dia untuk benda/binatang), Rini (nama orang), dan ada pula nama benda atau nama binatang yang disebutkan langsung sebagai Subject dalam kalimat.

Shall/will artinya akan.  Shall biasanya digunakan untuk subject I dan We (tapi bisa saja I dan We pun menggunakan will jika). Shall digunakan ketika "akan" tersebut mendekati sebuah hal kepastian. Sementara itu,  will digunakan untuk subject you, they, he, she, it dan nama orang serta nama benda.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun