Mohon tunggu...
Muhammad Andi Firmansyah
Muhammad Andi Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Politik

Fate seemed to be toying us with jokes that were really not funny.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Cara Introspeksi Diri di Tahun Baru

28 Desember 2022   07:17 Diperbarui: 28 Desember 2022   07:17 472
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mari memancing makna di kolam memori | Ilustrasi oleh Penny via Pixabay

Bahwa kebingunganmu tentang betapa irasionalnya hidup adalah pemaksaan dirimu sendiri untuk menjadikan segalanya berjalan rasional. Pertanyaan-pertanyaan telah kau hidangkan dalam piring terbaikmu, dan selanjutnya entah bagaimana.

Kau hanya menghidangkan apa yang kaupunya.

Mari bangkit dan berjalan beberapa langkah lagi, untuk melihat asap-asap kuning dari pipa seorang lelaki kesepian. Terlebih, rasanya lebih enak untuk berpikir sambil berjalan kaki. Apa yang sejauh ini sudah kauperoleh?

Tak ada. Kau masih memancing makna di kolam memori. Tadi ada satu yang menarik tali pancing, tapi terlepas sebelum ditarik. Tak apa. Mari berjalan beberapa langkah lagi. Di depan, kita berpisah.

Saranku, jika terlalu berat bagimu untuk memancing makna dari kolam memori setahun penuh, coba ingat-ingat kembali apa yang sudah kaulalui hari ini. Mungkin, apa yang telah kaulalui tahun ini adalah apa yang telah kaulalui hari ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun