Mohon tunggu...
Muhamad Rifai
Muhamad Rifai Mohon Tunggu... Engineer, Penulis lepas, suka jalan - jalan

Lelaki Pejalan

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Mengenal Risiko Produk Keuangan, agar Kamu Nyaman

27 Agustus 2020   23:05 Diperbarui: 28 Agustus 2020   06:13 56 2 0 Mohon Tunggu...

Dalam menggunakan uang ataupun transaksi sehari-hari tentu kamu akan lebih aman kalau memiliki saldo tabungan direkening dengan jumlah rupiah yang banyak, kalau belanja di mall atau factory outlet tinggal gesek. 

Atau bagi kalian pengguna kartu kredit juga tinggal gesek saja tapi perlu dikontrol juga pemakaiannya jangan sampai jebol. Dan uang yang kalian tabung dan transaksikan setiap rupiahnya adalah bagian dari roda penggerak ekonomi lho.

Jadi setiap rupiah yang kita tabungkan di Bank sebenarnya bank tidak hanya mencatat keluar masuknya uang yang kalian miliki, tetapi bank memiliki ekosistem perputaran uang agar sistem perbankan beerjalan sesuai fungsinya.

Berikut produk keuangan yang kita gunakan dalam aktivitas perputaran uang sehari-hari.

Tabungan

Uang gaji yang biasa kita dapatkan setiap bulannya tentu akan masuk ke nomor rekening tabungan kita yang sudah dilakukan secara payrol oleh perbankan melalui persetujuan perusahaan tempat kita bekerja. 

Bagi saya melakukan pembagian pos keuangan dalam beberapa nomor rekening tabungan itu penting untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan serta menjaga stabilitas sistem keuangan milik kita terjaga, tidak boros dan tepat guna serta produk tabungan tersebut dijamin oleh lembaga penjamin, jadi uang yang kita tabung insya Allah aman.

DPLK

Meski perusahan sudah menjamin dana pensiun perusahaan bagi karyawannya, bagi saya ikut serta dalam manfaatkan produk keuangan salah satunya adalah produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang disediakan oleh bank itu sangat menguntungkan. 

Bayangkan teman, sejak tahun 2017 saya melakukan pendebitan otomatis via bank penyelenggara dengan nilai rupiah bulanan Rp 250.000 saat ini bagi hasil perbulannya bisa mendapatkan Rp 200.000,-.

Menurut saya ini sangat menguntungkan. Kalian bisa gunakan DPLK tersebut pada bank penyelenggara yang memang sudah berpengalaman dalam pengelolaan DPLK. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN