Mohon tunggu...
Muh AliMuchtar
Muh AliMuchtar Mohon Tunggu... mahasiswa

hai

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pemanfaatan Web atau Aplikasi Live Video sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

29 Oktober 2020   20:43 Diperbarui: 29 Oktober 2020   20:47 8 0 0 Mohon Tunggu...

Belajar adalah salah satu kewajiban bagi setiap siswa dan dalam kegiatan belajarnya siswa tidak bisa dibatasi oleh batasa-batasan atau penghambat dalam kegiatan pembelajaran nya jika siswa bersungguh sungguh dalam menuntut ilmu maka dalam kegiatan pembelajaran nya tidak akan ada satupun hambatan yang bisa menghambat nya dalam belajar.

Bagi siswa sendiri kegiatan pembelajaran yang lancar dimana hal ini di faktori oleh lingkungan belajar yang nyaman fasilitas yang memadai pemateri yang baik, semua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan pembelajaran yang lancar dimana ketika suatu kegiatan pembelajaran itu lancar maka materi yang di sampaikan akan mudah di terima oleh siswa.

Akan tetapi pada masa-masa sekarang ini dimana terjadi pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia bukan hanya di indonesia yang membuat kondisi sekarang ini dimana manusia terkurung dalam rumah nya sendiri dan aktifitas di luar rumah sangat-sangat di batasi, hal ini tentunya memberikan dampak yang baik dan buruk bagi kita semua terutama salah satu dampak yang di timbulkan adalah dimana sekarang ini semua kegiatan pembelajaran di sekolah di berhentikan di ganti dengan kegiatan pembelajaran secara online.

Hal ini sangat mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar dimana hal tersebut akan menghambat pemateri menyampaikan materinya karena tidak bisa menerangkan kepada siswa secara langsung. Akan tetapi dengan kemajuan tekhnologi masalah-masalah yang seharusnya menghambat proses pembelajaran tersebut bisa di atasi dengan belajar online menggunakan aplikasi atau web-web yang telah di sedikana sehingga proses pembelajaran masih bisa dilakukan.

Jika dilihat dari kondisi yang seperti ini guru memang di paksa untuk mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan tekhnologi yang ada sebagai suatu Media pembelajaran supaya pembelajaran tersebut masih bisa dilakukan dengan lancar meskipun dalam keadaan seperti ini dimana pembelajaran tidak dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Salah satu yang bisa dimanfaatkan sebagai Media pembelajaran adalah dengan menggunakan aplikasi atau web yang menyediakan fasilitas video call, 

Disini guru membuat suatu room untuk melakukan video call untuk semua siswa di kelas dan guru sebagai pemateri atau guru telah membagi anak perkelompok dan guru memberi waktu bagi kelompok yang akan tampil untuk menjelaskan materi kelompok nya. 

Sistem pembelajaran lewat video call ini telah banyak di gunakan oleh para guru di seluruh dunia hal ini di karenakan dengan menggunakan cara ini semua siswa kiranya dapat mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut dan lebih mengecilkan presentass siswa untuk berbuat curang dimana siswa tersebut tidak hanya menulis presensi saja lalu pergi ntah kemana tidak menyimak proses pembelajaran dengan baik. 

Oleh karena itu model pembelajaran seperti ini cukup banyak diminati oleh para guru terutama para dosen perkuliahan.   Adapun tata cara pelaksanaan pembelajaran online lewat video call ini sebagai berikut:

1. Pertama tama guru menyiapkan materi yang akan di sampaikan jika guru sebagai pemateri tetapi jika guru sudah membagi kelompok guru menyuruh kelompok yang akan presentasi menyiapkan materi nya sebelum hari H materi atau makalah harus di konsulkan ke guru di kirim lewat email atau wa.

2. Guru membuat Room untuk melakukan libe video call 1 kelas ( guru menggunakan aplikasi atau web yang menyediakan fitur live video call tersebut)

3. Setelah membuat room guru menyuruh tiap siswa untuk menginstal aplikasi atau bisa juga mengaksesnya lewat web dan guru mengirimkan kode atau link ROOM nya ke pada siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN