Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen Rasa Penasaran Ninu Pada Nyamuk

1 Februari 2024   10:51 Diperbarui: 1 Februari 2024   10:56 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar pixabay.com gratis 

Cerpen

Rasa Penasaran Ninu Pada Nyamuk

Ninu, seorang gadis periang berusia 10 tahun, tinggal di lingkungan yang bersih dan rapi. Dia rajin membantu orang tua membersihkan rumah dan selalu memastikan barang-barang tertata di tempatnya. Namun, akhir-akhir ini, sesuatu yang aneh terjadi. Ninu sering digigit nyamuk, padahal kamarnya selalu dijaga kebersihannya. Sementara itu, teman sekelasnya, Aldi, yang rumahnya sedikit lebih kumuh, tidak pernah mengeluh digigit nyamuk.

Ketidakadilan ini membuat Ninu gundah. Pada suatu siang, saat pelajaran IPA, dia memberanikan diri bertanya kepada Bu Guru, "Bu Guru, kenapa nyamuk malah suka hinggap di tempat saya yang bersih, ya? Bukankah nyamuk biasanya suka tempat yang kotor?"

Bu Guru tersenyum bijak. "Ninu, kamu benar bahwa nyamuk memang menyukai tempat yang lembab dan banyak genangan air untuk berkembang biak. Tapi, nyamuk juga tertarik kepada beberapa hal lain, lho," jelas Bu Guru.

"Apa saja, Bu Guru?" tanya Ninu penasaran.

"Nyamuk bisa mengenali manusia dari aroma yang dikeluarkan tubuh kita, seperti karbon dioksida dan asam laktat yang dihasilkan saat beraktivitas," lanjut Bu Guru. "Selain itu, nyamuk juga menyukai warna gelap dan benda-benda yang mengeluarkan panas."

Ninu berpikir sejenak. "Wah, berarti meskipun tempat saya bersih, kalau saya mengeluarkan banyak keringat atau memakai baju gelap, nyamuk tetap bisa tertarik, ya Bu?"

"Tepat sekali, Ninu!" Bu Guru mengacungi jempol. "Jadi, menjaga kebersihan tempat tinggal memang penting, tapi kita juga harus memperhatikan hal-hal lain agar terhindar dari gigitan nyamuk."

Bu Guru kemudian menjelaskan beberapa tips untuk menghindari gigitan nyamuk, seperti menggunakan kelambu, memakai pakaian lengan panjang dan celana panjang saat malam hari, serta menggunakan lotion anti nyamuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun