Mohon tunggu...
Muhammad Sidiq Pramono
Muhammad Sidiq Pramono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

(Al - Mu'minun : 1 - 11)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN Tematik UPI 2021 : 6 Tips Menjaga Mood Selama Menjalani PJJ di Masa Pandemi

28 Juli 2021   04:00 Diperbarui: 28 Juli 2021   04:09 87 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021 : 6 Tips Menjaga Mood Selama Menjalani PJJ di Masa Pandemi
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada masa pandemi saat ini, banyak sekali perubahan kebiasaan di berbagai bidang dan adaptasi kebiasaan baru yang membuat kita harus melakukan adaptasi kembali terhadap beberapa perubahan akibat dampak dari pandemi ini, salah satunya yakni bidang pendidikan.  Dalam keberlangsungan kegiatan pembelajaran, tentunya banyak sekali faktor-faktor yang menuntut perubahan dalam penyelenggaraan pembelajaran di beberapa tingkatan jenjang pendidikan dari mulai TK, SD, SMP, SMA dan bahkan sampai jenjang perkuliahan. Tentunya dari sekian banyaknya jenjang yang dituntut untuk melakukan perubahan, pasti banyak kendala dari segala sektor bagian yang berperan sebagai komponen dalam keberlangsungan pendidikan, seperti kendala yang dialami oleh guru, siswa, materi yang diajarkan, tugas diberikan, biaya tambahan untuk menopang keberlangsungan pembelajaran dan masih banyak lagi.

Dalam menghadapi masa pandemi sekarang ini, tentunya pendidikan harus terus berlanjut. Meskipun telah kita ketahui begitu banyak resiko dan kendala yang akan dialami jika kita tetap bersikukuh ingin menyelenggarakan pembelajaran, kita tetap harus memperjuangkan pendidikan yang memang sudah sepantasnya untuk kita perjuangkan. Karena, hanya dengan pendidikan, negara kita dapat berkembang menjadi jauh lebih baik lagi.

Meskipun kita harus mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini, kita dituntut untuk lebih mandiri dan lebih giat belajar lagi dari sebelumnya karena tantangan penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi ini memang terbilang sangat menyulitkan. Selain itu, PJJ yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) pun menuntut siswa dan guru untuk lebih lama berjibaku di depan perangkat yang mereka gunakan untuk melakukan pembelajaran daring. Tentunya ini akan menimbulkan rasa bosan yang teramat sangat. Ditambah lagi pemberian tugas dari setiap mata pelajaran/kuliah yang kita ikuti akan menambah beban pikiran yang membuat siswa atau pun guru dapat kehilangan suasana hati yang baik (good mood) dalam menjalani aktifitas sehari-hari lainnya.

Apa itu Mood ? 

Mood atau suasana hati adalah kondisi emosional seseorang yang bisa bertahan selama beberapa menit hingga minggu. Mood akan memengaruhi respons seseorang terhadap stimulasi emosi yang diterimanya.

Mood berbeda dari emosi. Emosi hanya berlangsung sebentar, sedangkan mood bertahan lebih lama. Sebagai contoh, seseorang akan merasakan emosi gembira saat menerima hadiah. Mood, adalah perpanjangan dari rasa gembira tersebut.

Seseorang bisa merasakan good mood maupun bad mood. Bad mood adalah kondisi emosional yang menyebabkan seseorang bereaksi negatif terhadap hal yang ada di sekitarnya.

Reaksi negatif yang muncul merupakan reaksi bias. Artinya, bisa saja secara normal, hal tersebut tidak akan memicu reaksi negatif pada orang dengan mood yang sedang baik-baik saja. Namun pada orang yang sedang bad mood, hal tersebut bisa memicu rasa marah, sedih, kesal, hingga frustrasi.

Lalu, bagaimana cara agar bisa selalu dalam kondisi suasana hati yang baik (good mood)?

Berikut adalah sedikit tips yang dapat kita coba agar kita selalu dalam kondisi suasana hati yang bagus (good mood). Mari kita simak!

1. Naikkan Mood sesuai Kepribadianmu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x