Mohon tunggu...
M. Ridwan Umar
M. Ridwan Umar Mohon Tunggu... Belajar Merenung

Warga Negara Biasa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Demo dan "Just in a Minute Generation"

26 September 2019   16:26 Diperbarui: 26 September 2019   17:14 0 4 2 Mohon Tunggu...
Demo dan "Just in a Minute Generation"
suara.com

Banyak orang menyebut masa kini sebagai era digital. Meskipun, itu tak lagi sepenuhnya benar karena sebenarnya kita telah memasuki era disrupsi di mana teknologi digital memang menjadi pintu masuknya. Saat ini kita justru memasuki era Big Data atau kecerdasan buatan di mana sebuah sistem bahkan mampu mengambil alih peran manusia sebagai PEMBUAT KEPUTUSAN.

Orang juga menyebut anak kini sebagai GENERASI MILLENIAL. Ini juga tidak sepenuhnya benar. Karena, saat ini, anak-anak yang lahir setelah tahun 1995 justru lebih pantas disebut GENERASI Z. Mereka berbeda dengan generasi millennial yang lahir di bawah tahun itu.

Anak generasi Z, itu adalah WARGA ASLI DUNIA DIGITAL. Mereka lahir, tanpa pernah mengalami sensasi teknologi analog yang jadul itu.  
Kalau tidak percaya? Ajak anak-anak itu menonton film keluaran tahun 1990 an.

Anda akan kaget, jika melihat mimik heran di wajah mereka. Saya pernah mendapatkan pertanyaan mereka, kok di dalam film itu, smartphone tidak ada? Menurut mereka, masalah yang terjadi di film begitu didramatisir, menjadi rumit, padahal seandainya smartphone digunakan, maka pasti akan lebih mudah.  Lho....benar juga ya...

Namun, saya membuat satu jenis kelompok lain yaitu "JUST IN A MINUTE-GENERATION", yaitu "Generasi yang serba satu menit" atau "Generasi yang ingin serba cepat". Baik generasi millennial maupun generasi Z masuk ke dalam jenis ini.

Karakter "generasi serba satu menit" ini adalah sangat piawai menggunakan layanan serba cepat.

Mau pesan makan, kendaraan, menjawab pertanyaan, mendapatkan info, semuanya merekan inginkan secara cepat. Lihat aja jemari mereka memencet tombol aplikasi di gawai. Berikan tugas kepada mereka, maka dalam hitungan menit, pasti akan dimenemuka.

Generasi ini  memang serba ingin cepat kendati mudah stress juga terutama jika koneksi internet terganggu. Sepertinya, kebutuhan primer mereka hanyalah WIFI dan BATERAI :) 

Sebagian orang bahkan underestimate, menganggap mereka sebagai generasi santai yang hanya tahu kenyamanan. Benarkah?

Tapi, demonstasi kemarin membuat kita heran.  

Bayangkan, peserta demonstrasi di depan DPR ada mahasiswa, juga pelajar.  Terlepas dari pesan politis yang dibawa atau siapa yang memanfaatkan. Namun, fenomena ini unik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x