Mengenal Instruktur Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di Provinsi Bengkulu. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan salah satu inisiatif strategis Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. AKMI menilai kemampuan literasi siswa dalam empat aspek penting: literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) secara daring, hasil dari asesmen ini digunakan untuk memetakan kompetensi siswa serta menjadi acuan dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan kontekstual.
Tujuan utama AKMI meliputi:
Mengukur Kompetensi Siswa dalam bidang literasi yang relevan untuk kebutuhan pembelajaran abad ke-21.
Pemetaan Mutu Pendidikan, baik pada level siswa, guru, maupun madrasah secara menyeluruh.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran, dengan menyediakan data yang akurat bagi guru dan kepala madrasah.
Pembuatan Strategi Pembelajaran, agar lebih adaptif, kontekstual, dan berorientasi pada penguatan literasi siswa.
1. Instruktur dari Perguruan Tinggi (Dosen)
Literasi Membaca