Mohon tunggu...
Inovasi

Menelisik Aksi Speed Rapper melawan Low Battery di Iklan ASUS Zenfone Max

31 Mei 2016   08:41 Diperbarui: 31 Mei 2016   09:08 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=jgnUqYSxflg

Di kehidupan kita pasti sudah tak asing dengan yang namanya iklan. Kita sering melihatnya baik di televisi, saat di jalan, atau bahkan mendengarnya di radio. Seiring perkembangan zaman, iklan tidak hanya dipasang di beberapa media eletronik dan massa saja, tapi juga di internet, baik dalam bentuk gambar diam maupun bergerak (animasi/video), saat kita menonton film di bioskop, atau di media yang bergerak seperti kendaraan. 

Iklan sendiri tidak hanya berperan dalam memasarkan atau memperkenalkan produk berupa barang atau jasa ke khalayak umum, tapi juga berfungsi sebagai media kampanye dalam hal politik, atau himbauan kepada masyarakat. Ada berbagai macam jenis iklan, salah satunya adalah iklan komersial yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk yang berupa jasa atau barang.

Ada salah satu iklan komersil yang menarik perhatian saya saat iklan ini ditayangkan di youtube.com. iklan ini sering muncul sebagai selingan saat hendak menonton video yang ingin kita tonton, yang lebih menarik perhatiannya lagi adalah konsep yang diusung di iklan ini. Ini adalah iklan telepon genggam terbaru yang dikeluarkan perusahaan elektronik asal Taiwan yaitu ASUS, yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan produk terbarunya ke masyarakat umum yaitu ASUS Zenfone Max.

Sekilas tentang ASUS Zenfone Max

sumber: http://drop.ndtv.com/TECH/product_database/images/86201580054PM_635_asus_zenfone_max.jpeg
sumber: http://drop.ndtv.com/TECH/product_database/images/86201580054PM_635_asus_zenfone_max.jpeg

Handphone ini nampak seperti handphone yang muncul di pasaran pada umumnya, berbentuk candy bar, dengan layar sentuh dan ukuran layar yang cukup besar. Namun disini aspek yang ditekankan atau kelebihan utama yang ditonjolkan adalah baterai telepon yang tahan lama saat pertama kali diisi, yaitu bisa bertahan sampai 38 hari. Hal ini menjawab kebutuhan bagi para manusia modern yang menginginkan telepon genggam yang tahan lama dengan fitur-fitur yang apik, sehingga tak perlu keluar dari rumah dan bingung dalam mencari colokan untukmengisi baterai telepon genggam ataupun membawa power bank.

Kupas Tuntas Iklan Low Battery vs Speed Rapper

Agensi : SuperHeroes, New York, USA

Executive Creative Director: Rogier Vijverberg

Art Director : Ola Syse, Arthur Manduapessy

Penulis Skenario : Elliot Stewart-Franzen, Dimitri Hekimian

Graphic Designer : Krister Lima, Sofie Nilsson

Produser Agensi : Severien Jansen

Sutradara : Teddy Cherim

Production Company : Fat Fred

Editor : Madja Amin, Martin Aggerholm

Komposer Musik : Ricky Cherim

Grading : Erik Verhulst

Desainer Suara : Wave Studio

PR & Social : GreatQuestion

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=jgnUqYSxflg
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=jgnUqYSxflg
Iklan ini merupakan iklan pertama dari seri iklan ASUS Zenfone Max yang berslogan “NO NEED TO RUSH” yang diluncurkan di youtube pada 19 April 2016. Sampai-sampai iklan ini menarik perhatian sebesar 1,8 juta lebih penonton dalam waktu sebulan (data terakhir dilihat pada tanggal 26 Mei 2016).

Iklan ini menggunakan Youtuber Mac Lethal sebagai aktor di iklan ini.Mac Lethal sendiri adalah rapper dan penyanyi hip hop asal Amerika sekaligus pendiri dari Black Clover Records bersama dengan teman lamanya Jeremy Willis. Channel youtubenya bisa dicek disini.

Latar iklan ini dilakukan di sebuah supermarket yang merupakan tempat umum yang cukup ramai pengunjung. Pemilihan tempat yaitu di tempat sayur-sayuran dan buah-buahan dipilih karena tempatnya yang tidak terlalu tertutupi atau terbatasi oleh rak tinggi dan tempat sayur-sayuran ini dekat dengan pintu masuk sehingga mudah untuk mengambil gambar maupun menarik perhatian orang-orang. Dilihat dari orang-orang yang berpakaian tebal di iklan ini dapat diperkirakan syutingnya dilakukan di musim dingin.

Menurut J. Armstrong dalam buku Persuasive Advertising: Evidence-based Principles, teknik kamera tersembunyi dapat membantu dalam mengkomunikasikan bahwa terstimonial yang diberikan tanpa persiapan latihan sebelumnya. Kamera tersembunyi digunakan di dalam pengambilan gambar untuk menunjukkan reaksi nyata dari para pengunjung yang ada disana dan mendengar ucapan super cepat dari Mac Lethal, Dapat dilihat reaksi orang-orang yang melihatnya awalnya biasa, namun saat mendengar Mac Lethal berkata cepat mengenai apa saja yang harus ia beli untuk makan malam, reaksi dua orang wanita yang ada di sebelah Mac langsung berubah menjadi terkejut dan heran, Begitu pula dengan pengunjung lain yang lewat atau berada di sekitar sana. Saat Mac berkata ‘my phone die’ beberapa orang langsung melepaskan tawa mereka.

Jika dilihat iklan ini termasuk ke dalam iklan persuasif. Iklan persuasif sendiri memiliki ciri sebagai berikut:

  • Menganjurkan orang untuk membeli.
  • Mengubah persepsi/cara pandang konsumen.
  • Membujuk konsumen untuk membeli sekarang.
  • Membujuk orang untuk menggunakan barang/jasa yang ditawarkan.
  • Mempersuasif khalayak untuk memilih merk tertentu.
  • Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, pereferensi, dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=jgnUqYSxflg
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=jgnUqYSxflg
Mengapa demikian? Beberapa detik awal di iklan muncul teks ‘What happens when a speed rapper gets low battery?”, kemudian baru ke adegan utama dari iklan ini. Di adegan ini ditunjukkan bagaimana jika orang memiliki telepon genggam yang tidak bermerk ASUS Zenfone Max. Iklan ini menunjukkan kelemahan dari produk pesaing dan kelebihan dari produk yang diiklankan dijelaskan pada beberapa detik terakhir, yaitu dengan adanya flash dengan teks 38 days di bawah gambar produk/ilustrasi. Baru setelah telepon genggam yang digunakan Mac Lethal mati, teks yang merupakan slogan dari produk ini yaitu NO NEDD TO RUSHmuncul dan merupakan kalimat persuasif, yang juga didukung dengan teks The Power to Keep Going On. Disini kata-kata yang digunakan bertujuan untuk membujuk konsumen dengan kelebihan yang ditawarkan, yang sesuai dengan hedonisme konsumerisme modern yang mencari kenikmatan (pleisure) dan makna (meaning) melalui godaan pembaruan tanpa akhir (David Chaney:2009). Seperti halnya dengan iklan media cetak, iklan yang berupa video pun juga tetap diperhatikan penggunaan teksnya, karena iklan berupa video tidak berlangsung lama, melainkan hanya beberapa detik. Penggunaan font sans-serif tetap digunakan dalam hal ini untuk memudahkan penonton dalam menangkap teks yang ada, baik nama produk maupun keterangan yang ada bersamanya.

Unsur-unsur dari iklan ada beberapa, yaitu:

  • Attention (perhatian), yaitu iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  • Interest (minat), setelah perhatian maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  • Desire (keinginan), yaitu suatu cara untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
  • Conviction (rasa percaya), dimana dalam sebuah iklan harus ditunjang dengan berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  • Action (tindakan), yang merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Di iklan ini sudah mencakup sebagian besar dari unsur yang ada diatas. Penggunaan konsep iklan yang menggunakan rapper sebagai lawan dari baterai telepon genggam yang lemah mampu membawa suasana yang menyenangkan bagi pengunjung yang ada disana maupun yang menonton. Hanya menunjukkan poin penting atau kelebihan utama dari produk ini di iklan membuat orang-orang akan penasaran lebih dalam mengenai fitur apa yang ada di dalamnya serta harga yang ditawarkan bagi telepon genggam ini. Selain itu orang juga akan tertarik dengan konsepiklan ini, siapa aktor yang ada di dalam iklan ini karena rapper super cepatnya. Dalam tujuan untuk menggerakkan keinginan konsumen sendiri dengan menunjukkan kelebihan produk dibanding produk pesaing atau produk yang sudah ada sebelumnya. Untuk membangun rasa percaya di diri konsumen sendiri, produk ini menjelaskan dengan kegiatan peragaan yaitu dengan menggunakan produk yang berada setingkat di bawah produk yang diiklankan/dengan menunjukkan kelemahan dari produk pesaing. Selain itu dijelaskan juga dengan kata-kata yang ada di beberapa detik menjelang iklan ini berakhir, yang merupakan kata-kata persuasif maupun kelebihan dari produk itu sendiri. Tinggal tindakan apa yang dilakukan oleh konsumen dari iklan ini, entah itu hanya sekedar menonton, mengapresiasinya, atau langsung memesan dan membeli dari produk ini.

Maksud dari iklan ini sendiri adalah agar orang-orang tidak bernasib sama seperti Mac Lethal, tidak harus melakukan rap saat hendak berbicara banyak namun baterai telepon genggam sedang kritis. Dengan memiliki Asus Zenfone Max yang memiliki daya tahan baterai hingga 38 hari atau 1 bulan lebih setelah diisi ulang, orang-orang (konsumen) tak perlu mengalami masa sulit semacam itu.

Kesimpulan

Seiring perkembangan zaman, iklan tidak hanya dipasang di beberapa media eletronik dan massa saja, tapi juga di internet, baik dalam bentuk gambar diam maupun bergerak (animasi/video). Iklan ada banyak jenisnya, salah satunya adalah iklan komersial, yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk. Dalam melakukan iklan yang berupa gambar bergerak tentu tidak melupakan anatomi dari sebuah iklan seperti slogan, headline, ilustrasi,bahkan penggunaan teks yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang perusasif juga mampu mendorong minat dan perhatian konsumen dalam membeli produk tersebut. Terlebih lagi dengan menunjukkan kelebihan produk dibanding produk pesaingnya. Cara penyampaian iklan bergerak yang menarik tidak hanya mampu menarik minat konsumen dalam membeli produk, melainkan dalam menikmati iklan itu sendiri, dan bahkan hingga melakukan tindakan usai menonton iklan tersebut, baik itu mengapresiasinya maupun sampai membeli produk yang diiklankan.

Daftar Pustaka

Armstrong, J. Scott, 2010. Persuasive Advertising: Evidence-based Principles.Palgrave Macmillan

Chaney, David. 2009. Lifestyle: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta. Jalasutra

Webtografi

Asus Zenfone Max: Speed Rapper
www.adevee.com/2016/04/asus-zenfone-max-speed-rapper-pr-online/, diakses 30 Mei 2016 pukul 11:00

Contoh Iklan Persuasi
http://tommysyatriadi.blogspot.co.id/2013/04/contoh-iklan-persuasi.html, diakses 30 Mei 2016 pukul 20:00

Mac Lethal – Wikipedia, the free enyclopedia
https://en.wikipedia.org/wiki/Mac_Lethal, diakses 30 Mei 2016 pukul 23:00

PENGERTIAN IKLAN | JENIS IKLAN | CONTOH IKLAN http://www.lebahmaster.com/bisnis/manajemen-bisnis/pengertian-iklan, diakses 30 Mei 2016 pada pukul 12.00

Pengertian Penulisan dan Perbedaan antara Iklan Komersial & Non-Komersial – Welcome to My Dreamy Blog!
https://cecevy.wordpress.com/2014/10/04/pengertian-penulisan-dan-perbedaan-antara-iklan-komersial-non-komersial-2/, diakses 30 Mei 2016 pukul 20:45

Unsur-Unsur Iklan
http://www.mikirbae.com/2014/10/unsur-unsur-dalam-iklan.html, diakses 30 mei 2016 pukul 13.00

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun