Mohon tunggu...
Mohammad Hilmi
Mohammad Hilmi Mohon Tunggu... Lainnya - Rakyat Indonesia

Hewan berakal

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lahirnya "Sang Pencerah"

26 September 2022   21:23 Diperbarui: 26 September 2022   21:25 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Malam ini dalam penanggalan Hijriah sudah memasuki bulan ketiga yaitu bulan Rabiul Awwal. Ya bulan ini identik dengan bulan Maulid Nabi, perayaan untuk memperingati kelahiran baginda Nabi Muhammad. Selain itu, bulan ini biasanya bulan yang sangat ditunggu oleh kaum santri, sebab kadang pondok pesantren atau lembaga agama dan pendidikan terkait meliburkan aktivitas di pondok dan santri diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing untuk memperingati Maulid Nabi di rumahnya.

Dalam sejarah, Nabi lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal atau 20 April 571 M. Di Indonesia sendiri ketika mulai masuk bulan ini, orang-orang mulai banyak yang mengadakan pengajian umum, shalawat bersama dan acara keagamaan lainnya, ini tidak lain sebagai bentuk rasa kebahagiaan menyambut bulan dimana "Sang Pencerah" dilahirkan. Selain orang-orang, lembaga-lembaga agama ataupun pendidikan juga biasanya turut mengundang mubaligh atau penceramah untuk mengisi pengajian guna memperingatkan maulid Nabi Muhammad.

Dalam lingkup kecil, di langgar atau mushalla juga menggelar doa  bersama dan pembacaan Diba' (senandung pujaan kepada baginda Nabi Muhammad). Biasanya ini tepat dilakukan di malam tanggal 12 Rabiul Awwal.

Apapun kegiatan yang dilakukan baik itu pengajian umum atau pembacaan doa bersama yang dilakukan masyarakat, yang pasti pada intinya adalah bentuk rasa bahagia atas kelahiran baginda Nabi Muhammad sebagai pembawa kebenaran dan ekspresi rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan