Mohon tunggu...
mochamad luthfi
mochamad luthfi Mohon Tunggu... Content Writer SEO Specialist

Content Writer Netizentimes

Selanjutnya

Tutup

Digital

Upgrade RAM dan Storage pada Macbook M1, Apakah Bisa?

8 April 2021   14:24 Diperbarui: 8 April 2021   14:30 91 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upgrade RAM dan Storage pada Macbook M1, Apakah Bisa?
Macbook M1 (foto: Apple) 

Mochamad Luthfi - Saat membeli Mac M1 dari Apple, ada pilihan untuk memilih lebih banyak atau lebih sedikit memori dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar atau lebih kecil. Namun, begitu pilihan dibuat, pernyataan resminya adalah bahwa tidak ada kemungkinan melakukan upgrade. Apakah ini benar-benar tidak bisa secara teknis atau hanya proses yang sangat sulit dan tidak didukung, masih belum diketahui hingga saat ini.

MacBook laptop terbaru dan Mac Mini desktop yang didukung oleh Apple Silicon. Ini adalah istilah yang digunakan Apple ketika perusahaan mengumumkan rencananya untuk komputer Mac masa depan yang akan didukung oleh system-on-a-chip-nya sendiri. Apple telah membuat chip sendiri untuk iPhone dan iPad serta perangkat lain selama bertahun-tahun.

Tetapi sistem komputer baru ini adalah yang pertama mengandalkan prosesor Apple. Ini penting karena laptop atau desktop level pemula diharapkan melakukan tugas intensif jauh lebih cepat daripada perangkat seluler. Mac M1 baru mampu memenuhi tugas tersebut, mengungguli prosesor Intel generasi sebelumnya dan menghilangkan sebagian besar keraguan bahwa chip Apple dapat bersaing.

Laptop yang sulit untuk di upgrade lebih umum dalam beberapa tahun terakhir, jadi pernyataan resmi bahwa memori akses RAM pada M1 MacBook Air atau MacBook Pro tidak dapat ditingkatkan setelah pembelian tidak terlalu mengejutkan. Namun, menurut halaman dukungan Apple bahkan untuk Mac mini, komputer desktop kecil dengan casing yang lebih besar memiliki kapasitas memori tetap.

Dua generasi sebelumnya, berdasarkan CPU Intel, tidak memiliki RAM yang dapat diupgrade, jadi ini tidak unik untuk M1 Mac mini. Solid-state drive atau SSD internal juga disolder di tempatnya, seperti Mac mini berbasis Intel generasi sebelumnya. Karena tidak ada slot kartu memori yang tersedia, dan tidak ada tempat khusus untuk menambahkan drive internal lain, upgrade akan memerlukan penggantian komponen tersebut.

Apple mengizinkan perluasan penyimpanan eksternal melalui dua port USB 4 yang mendukung kecepatan transfer Thunderbolt 3 yang cepat, tetapi tidak menawarkan bantuan apa pun terkait ekspansi memori. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh  MacRumors, peningkatan secara teknis dimungkinkan untuk melakukannya.

Batas Mac M1 & Selebihnya

Macbook M1 (foto: Apple) 
Macbook M1 (foto: Apple) 

Komputer Mac M1 dibatasi dengan memori maksimum 16 gigabyte dan satu-satunya pilihan lainnya adalah 8-gigabyte. Disarankan untuk menggunakan konfigurasi RAM yang lebih besar, karena cukup sulit dan berpotensi merusak untuk meningkatkan chip memori yang disolder. 

Komponen yang terlalu panas dengan besi solder dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, jadi meskipun memungkinkan, hal ini tidak disarankan kecuali pengguna memiliki pengalaman dan keyakinan terhadap kemampuannya. Komputer Mac M1  memiliki empat pilihan konfigurasi penyimpanan internal mulai dari 256-gigabyte dengan kapasitas SSD maksimum 2-terabyte.

Sekali lagi, melepas komponen asli untuk upgrade ke lebih banyak penyimpanan berisiko karena dapat merusak drive lama dan komputer Mac. Drive eksternal adalah pilihan yang jauh lebih mudah dan aman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x