Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di website "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sikap Optimis Melahirkan Prestasi dan Kekuatan

4 Mei 2020   11:21 Diperbarui: 4 Mei 2020   11:32 16 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sikap Optimis Melahirkan Prestasi dan Kekuatan
Gambar: https://metsmerizedonline.com/ 

Neuroscientist Martin Seligman di tahun 1985 pernah memprediksi tim baseball mana yang bakal menang di tahun berikutnya.

Menurut Seligman dan koleganya yang meneliti tingkat optimisme berbagai tim baseball saat itu, tim New York Mets memiliki optimisme yang melebihi tim lainnya. Optimisme amat penting untuk meningkatkan performa tim. Ternyata di tahun berikutnya (1986), tim New York Mets memang menang.

Bagaimana memiliki optimisme seperti tim New York Mets? Semua dijelaskan oleh Martin Seligman dalam bukunya yang berjudul "Learned Optimism". Intinya adalah mereka yang memiliki optimisme adalah mereka yang memiliki otak yang berfungsi maksimal atau memiliki positivity. Otak yang berfungsi maksimal ini tentu lebih mampu untuk menghasilkan performa maksimal.

Facebook Page Membangun Positivity telah menyediakan berbagai tulisan dan video tentang bagaimana cara membangun positivity. Silakan disimak ya tulisan dan video itu!

Sikap optimis juga amat diperlukan dalam situasi COVID-19 yang sedang berlangsung saat ini. Yuk bangun sikap optimis setiap hari!

M. Jojo Rahardjo

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x