Mohon tunggu...
Muzamil Misbah
Muzamil Misbah Mohon Tunggu... Freelancer - Orang biasa yang gemar baca buku, makan dan jalan-jalan

Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Malang, suka menulis tentang ekonomi dan puisi, pegiat literasi keuangan

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Private Label dan Database Konsumen, Isu Penting dalam E-Commerce Indonesia

23 September 2023   18:00 Diperbarui: 25 September 2023   13:45 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi e-commerce. sumber: freepik

Selama beberapa tahun terakhir, dunia persaingan e-commerce di Indonesia telah menjadi sorotan utama. 

Isu-isu yang muncul termasuk keterlibatan aktif pemerintah, peran platform-media sosial seperti TikTok, dan masalah terkait kedaulatan ekonomi digital

Kita perlu memahami akar permasalahan daripada hanya mengobati gejala yang terlihat.

Konteks E-Commerce di Indonesia

Penting untuk memahami latar belakang dari perdebatan yang sedang berlangsung di dunia e-commerce Indonesia. 

Salah satu isu sentral adalah praktik penggunaan database perilaku konsumen untuk menciptakan produk-produk private label atau mengimpor produk dari luar negeri, terutama dari China, ke platform-platform e-commerce di Indonesia. 

Ini telah menciptakan persaingan yang sengit dalam ekosistem e-commerce, menghadirkan beberapa pertanyaan penting.

Private Label dan Isu-isu yang Muncul

Sebelum kita melanjutkan, mari kita tinjau konsep "private label." 

Private label adalah merek yang dibuat oleh pengelola retail market, bukan oleh pabrikan aslinya. 

Sebagai contoh, beberapa merek fashion terkenal dalam sebuah departemen store mungkin sebenarnya diproduksi di Indonesia, tetapi dijual dengan merek eksklusif departemen store tersebut.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan dalam penggunaan private label di e-commerce. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun