Mohon tunggu...
Mira
Mira Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK PP N Jambi

Guru SMK PP

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajran Text Descriptive Bahasa Inggris

25 Januari 2023   19:50 Diperbarui: 25 Januari 2023   20:27 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMK PP N JAMBI

Lingkup Pendidikan

Kelas X ATPH 1 SMK PP N JAMBI

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan pengetahuan siswa tentang fungsi sosial, struktur text dan unsur kebahasaan pada materi descriptive text kelas X ATPH 1

Penulis

MIRA, S.Pd

Tanggal

15 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang kurang nya pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa inggris materi descriptive text adalah sebagai berikut:

Kemampuan berfikir siswa kelas X ATPH 1 masih dalam tahap operasional konkret yaitu hanya mampu berfikir sistematis pada benda benda dan peristiwa yang konket.

Penggunaan media pembelajaran yang hanya dari buku paket saja menyebabkan tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa inggris masih rendah

Kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris dikarenakan model pembelajaran yang monoton

Kurang menarik nya media pembelajaran yang digunakan guru sehingga tingkat konsentrasi siswa dalam memahami materi masih rendah

Untuk mengatasi kondisi yang terjadi sangat di perlukan perubahan dalam pembelajaran, peran saya sebagai guru yaitu bertanggung jawab menyiapakan pembelajaran yang lebih berkwalitas, menyiapkan media pembelajaran yang relevan dan menarik, yang dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Praktik ini penting untuk dibagikan sebagai reverensi guru lain yang memiliki masalah yang sama terhadap kesulitan siswa dalam memahami materi text descriptive pada pembelajaran bahasa inggris

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan terdapat tantangan yang dihadapi, adapun tantangan nya antara lain:

Kurang nya sarana dan prasarana seperti proyektor, speaker, dll

Siswa masih belum terbiasa aktif dan masih kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat

Menerapkan Model PBL dalam hal ini tantangan mengantarkan siswa pada masalah yang harus mereka diskusikan dan selesaikan

Dalam melaksanakan praktik ini banyak pihak-pihak yang terlibat sehigga dapat berjalan dengan lancar, pihak pihak tersebut antara lain:

Dosen pembimbing dan guru pamong yang memberi arahan motivasi, dari awal perencanaan hingga terlaksnanya rencana aksi ini

Kepala sekolah yang memberi izin motivasi dan dukungan penuh serta masukan masukan dalam proses pembelajaran yang menjadikan ini lebih baik lagi

Rekan sejawat yang selalu mendukung memberi masukan dan membantu pelaksanaan praktik ini

Peserta didik yang sangat bersemangat dalam proses pembelajaran yang menggunakan model dan media yang menarik

Pihak lain yang terkait siswa yang tergabung dalm group cinema yang membantu dalam perekaman video, serta partner yang membantu dalam mengedit video ppl

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah - langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

Mengidentifikasi masalah belajar peserta didik

Melakukan analisis penyebab masalah tersebut

Mencari kajian literatur yang sesuai untuk memecahkan masalah

Melakukan wawancara dengan kepala sekolah, pengawas, guru senior, rekan sejawat untuk mencari penyelesaian masalah

Menyusun rancangan pembelajaran yang dianggap dapat menyelesaikan masalah pembelajaran

Strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah

Menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL)

Memanfaatkan media pembelajaran berbasis TPACK (Technological pedagogical content knowledge) seperti tayangan materi canva, PPT, video, dan quizizz

Menggunakan media LKPD / worksheet yang menarik di design menggunakan canva

Adapun sintaks model pembelajaran problem based learning adalah sebagai berikut:

Orientasi peserta didik pada masalah

Guru menyampaikan permasalahan terkait materi

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

Guru mengelompokkan siswa untuk mencari pemecahan maslah

Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

Guru membimbing siswa dalam pencarian solusin terhadap maslah

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Guru memandu siswa dalam tanya jawab mempresentasikan hasil karya mereka

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Guru memberikan penguatan terhadap hasil karya siswa

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pembeljaran bahasa inggris pada materi descriptive text menggunakan media PPT, VIDEO, dan quizizz membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran siswa aktif dalam menjawab permasalahan dalam kelompok dan mempresentasikan hasil karya nya, pemanfaatan media teknolgi, quizizz, video, ppt worksheet yang di design dengan canva dapat menarik minat siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung dan video serta gambar berwarna dapat membuat siswa lebih berkonsentrasi dan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga hasil belajar yang diperolehpun meningkat hal ini terlihat dari hasil evaluasi didapatkan mencapai nilai diatas KKM

Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini ditentukan oleh penguasaan guru terhadap materi pembelajaran, penguasaan model dan media pembelajaran yang disampaikan, serta keretsediaan sarana dan prasaranan di sekolah

link video pembelajaran:https://www.youtube.com/watch?v=WHUru_-sLGg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun