Mohon tunggu...
Rusmin Sopian
Rusmin Sopian Mohon Tunggu... Freelancer - Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Urang Habang. Tinggal di Toboali, Bangka Selatan. Twitter @RusminToboali. FB RusminToboali.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Hidayah dari Anak-anak Dermaga

28 April 2021   22:19 Diperbarui: 29 April 2021   07:40 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: via Koran.Tempo.Co

"Dan kami bangga dengan Pak Kades yang kini mulai membatasi untuk menerima sesuatu yang bukan hak Pak Kades. Dan semoga ini menjadi trend dikalangan para pemimpin kita," celetuk tokoh agama Desa lainnya yang langsung diamini para tokoh agama yang hadir diruangan Pak Kades.

"Ngomong-ngomong Pak Kades.  Siapa yang memberi inspirasi atas semua hidayah ini Pak Kades?," tanya salah seorang yang hadir.

"Anak-anak di dermaga ," jawab Pak Kades. Semua terdiam. Mereka saling berpandangan. Seketika ruangan Pak Kades hening. Detak jarum jam di dinding pun seolah terhenti sesaat. Semilir angin yang datang lewat celah ruangan Kantor membelai nurani mereka.

"Anak-anak dermaga  itu telah memberikan saya banyak pelajaran hidup dan tentang kehidupan bahwa kalau kita ingin mendapatkan sesuatu maka kita harus berusaha dan jangan mengharapkan belas kasihan orang," lanjut Pak Kades. 

"Dan yang paling penting," lanjut Pak Kades. " Kita jangan menikmati sesuatu tanpa berusaha. Dan tidak perlu mengambil sesuatu yang bukan hak kita," sambungnya.

Sementara di dermaga  Pelabuhan, anak-anak kecil itu masih terus beraktivitas mencari rupiah demi rupih dengan caranya sendiri. Menyelam. Kokohnya dermaga itu menjadi bukti bahwa kekokohan jiwa mareka dalam mencari hidup dan kehidupan dengan cara yang benar telah terpupuk sejak dini. Sejak masih kanak-kanak. Dan suara sirene kapal berbunyi sebagai tanda kapal akan berangkat. Anak-anak kecil itu masih berada disitu menunggu keberangkatan kapal berikutnya untuk mengais lembaran rupiah dengan cara mereka. Ya..Anak-anak Dermaga itu mencari kehidupan dengan cara mereka. Menyelam. 

Toboali, malam ke-17 Ramadan, 28 April 2021

Salam sehat dari Kota Toboali

Salam ramadan buat pembaca dan para Kompasianer yang menjalankan Ibadah Bulan ramadana 1442 H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun