Mohon tunggu...
Mikha Azarya
Mikha Azarya Mohon Tunggu... Lainnya - Pria, 20 tahun.

Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menjalankan Bisnis Melalui Website? Kenalan dulu sama SEO dan SEM Yuk!

28 September 2020   03:27 Diperbarui: 28 September 2020   03:55 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa artikel sebelumnya sudah membahas tentang gimana cara menulis yang baik sampai tips untuk menarik pembaca di platform digital. Namun untuk kali ini, terdapat informasi yang lebih menarik dari fungsi sebuah website dan penulisan digital yang dikolaborasikan.

Pada masa sekarang, ditambah dengan keadaan pandemi, hampir semua proses dilakukan secara daring. Termasuk dalam melakukan penjualan produk. 

Saat ini, salah satu yang cukup banyak digunakan untuk media promosi dan berjualan adalah website. Melalui website, jika dilakukan secara tepat dapat menjangkau banyak konsumen untuk membeli atau paling tidak mengetahui produk yang kita pasarkan. 

Namun, untuk sampai pada pemasaran produk yang efektif melalui website, sebagai penjual kita harus memiliki wawasan yang luas tentang memasarkan produk melalui website. Salah satu bentuk wawasan yang penting adalah mengenai SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing).

Apa sih SEO itu?

Bagi kalian yang baru pertama kali mendengar istilah ini, SEO merupakan sebuah proses mengoptimalkan faktor peringkat di halaman dan di luar halaman untuk mencapai peringkat  yang tinggi untuk istilah pencarian yang ditargetkan. Biasanya digunakan untuk memunculkan peringkat pada laman pencarian Google. 

Yang termasuk dalam proses ini adalah kegiatan untuk mendesain web melalui tulisan dan HTML coding sehingga website kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi pertama dengan kata kunci tertentu.

Bagaimana sebuah website bisa muncul pada urutan teratas di Google?

Jika kalian mencari sebuah kata kunci dan muncul satu website pertama pada posisi paling atas di mesin pencarian, ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama karena adanya iklan yang dibayarkan pada pihak search engine (Google contohnya) atau yang kedua adalah karena adanya algoritma dari pihak search engine yang hanya diketahui oleh internal perusahaan mereka (bersifat sangat rahasia). 

Tips singkat untuk melakukan SEO:

  1. Riset kata kunci dan frase yang akan digunakan, apakah cukup banyak dicari atau justru jarang ada yang mencari (tidak familiar).

  2. Pastikan frase yang digunakan sesuai dan berkaitan dengan bisnis atau jasa yang ditawarkan. 

  3. Pelajari berbagai pesaing yang mungkin menjadi pesaing dalam memasarkan produk melalui website

  4. Berikan konten yang menarik dan berkualitas dalam website yang digunakan untuk memasarkan produk. 

Sumber: reliablesoft.net
Sumber: reliablesoft.net

Search Engine Marketing (SEM)

Setelah mengetahui tentang SEO, selanjutnya adalah pemahaman terkait SEM yang juga penting untuk dapat membantu kita dalam menjual produk atau marketing. Secara sederhana, search engine marketing (SEM) merupakan sebuah usaha memasarkan produk dalam ranah online. Untuk melakukan SEM, penjual harus membayar supaya websitenya dapat menempati peringkat utama. 

SEM sendiri mencakup SEO dan PPC. Jika SEO lebih pada bagaimana optimalisasi dari website, pada SEM website yang digunakan akan diiklankan pada pihak search engine. Proses pengiklanan ini berkaitan dengan PPC. PPC merupakan istilah pay per click, dimana pihak pengiklan akan membayar pada search engine yang digunakan berdasarkan banyaknya jumlah klik yang diberikan pada website yang diiklankan. Harga yang harus dibayarkan berbeda dan tergantung pada setiap search engine yang dipilih. 

Dalam menggunakan SEM, biasanya pengiklan akan menggunakan berbagai aplikasi pendukung seperti Google analytic, Facebook business, Twitter analytic, serta Instagram business untuk membaca calon konsumennya sehingga proses iklan yang digunakan dapat berfungsi maksimal. 

Jika disimpulkan secara sederhana, SEM dan SEO merupakan dua tingkatan yang berbeda, namun saling berkaitan. SEO lebih mengarah pada bagaimana sebuah website harus dibuat untuk menarik pengunjung, sedangkan SEM adalah tingkatan berikutnya, dimana pengiklan akan mengiklankan website yang telah ia buat agar website ada pada urutan atas dan dapat dengan mudah dijangkau atau dikunjungi oleh orang-orang saat menggunakan kata kunci di suatu search engine. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun