Mohon tunggu...
Kuliner

Sejaran dan Cara Pembuatan Tekwan Khas Palembang

16 Maret 2019   07:00 Diperbarui: 16 Maret 2019   07:04 0 1 0 Mohon Tunggu...

Hallo Mangcek, bikcek dimanapun berada selamat datang diblog kece sekaligus having contents random ini. Bagi sebagian orang yang menyukai makanan yang berbau seafood makan ini tentu tidak asing lagi. 

Makanan khas Palembang ini mulai menjadi pusat perhatian baik dipelosok ataupun daerah terdepan nusantara. Iyap, sesuai dengan judul kali ini penulis akan membahas makanan legendaris dari daerah Palembang sekaligus mengulas tuntas cara pembuatannya. 

Tentunya bagi penikmat jajan nusantara ini akan cukup bermanfaat bagi pembaca jika telah mengetahui cara pembuatannya, karena nantinya selain bisa mencicipi makanan ini anda bisa mengajak orang-orang tersayang untuk juga ikut merasakan kenikmatanya.

Tekwan merupakan makanan iconic kedua dari daerah Sumatera Selatan setelah pempek. Tekwan merupakan makanan sejenis sup yang didalamnya terdapat pentol serupa dengan bakso yang terbuat dari daging ikan tenggiri dan campuran sagu. Tak hanya itu campuran lainnya yaitu bihun, cincangan timun, jamur, irisan bengkoang, bawang goreng yang kemudian disiram oleh kuah kaldu berbahan udang gurih. 

Di Negara lain tekwan ini sama halnya dengan fishcake, namun dalam penyajian dan bentuknya tekwan cenderung lebih kenyal dan lebih gurih bagi sebagian pencinta kuliner. Informasi ini penulis temui dari beberapa review vlogger makanan yang membandingkan kenikmatan tekwan dan fishcake. Yang mana mereka lebih memilih tekwan ketimbang fishcake dari segi kenikmatannya.

Tak heran bahwa tekwan merupakan makanan kesukaan bagi banyak orang khususnya bagi masyarakat di wilayah Sumatera Selatan itu sendiri. Berdasarkan catatan sejarah, tekwan merupakan hasil akulturasi budaya Palembang dan Tionghoa. Pada saat itu orang-orang Tionghoa sudah mulai banyak mendiami dan menetap di Palembang, yang kemudian mereka memperkenalkan makanan yang berbahan dasar ikan. 

Lalu kemudian diadopsi oleh masyarakat kota Palembang untuk membuat makanan tersebut sesuai dengan cita rasa dan lidah masyarakat kota Palembang. Mereka mendambahkan kuah kaldu serupa dengan sup dan menambahkan bumbu khas daerah tersebut. T

ekwan sendiri merupakan singkatan yang berasal dari kata "berkotek samo kawan" artinya mengobrol bersama kawan. Dan kemudian dalam bahasa Palembang disingkat menjadi "Tekwan". Hal ini terjadi karena kebiasaan orang Palembang yang menyukai kegiatan makan bersama dengan teman-teman sambil berbincang-bincang.

Itulah sejarah singkat mengenai salah satu makanan legendaris dari kota Palembang. Baik para pembaca yang budiman mari kita ulas cara pembuatan tekwan dan kuahnya. Hal yang patut kita lakukan adalah:

Menyiapkan bahan-bahan, adapun bahan-bahan tersebut adalah:

Bahan tekwan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x