Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Cara asik belajar ilmu ekonomi www.unand.ac.id- www.eb.unand.ac.id https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Ciri Khas Perempuan Pengusaha (10)

9 Maret 2024   16:50 Diperbarui: 9 Maret 2024   16:57 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Salah satu ciri khas atau karakteristik khusus yang sering ditemukan pada perempuan pengusaha adalah keterlibatan mereka dalam pemberdayaan perempuan lainnya. Ini mencerminkan komitmen mereka untuk mendukung dan menginspirasi perempuan lain untuk mencapai potensi penuh mereka dalam dunia bisnis. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan ciri ini lebih lanjut:

  1. Mentorship dan Pembimbingan: Perempuan pengusaha sering bertindak sebagai mentor atau pembimbing bagi perempuan lain yang sedang memulai atau mengembangkan bisnis mereka. Mereka berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan mereka untuk membantu memandu perempuan lain menuju kesuksesan.
  2. Pembuatan Jaringan dan Komunitas: Mereka membangun jaringan dan komunitas yang mendukung perempuan dalam dunia bisnis. Ini bisa meliputi acara networking khusus perempuan, grup diskusi online, atau inisiatif komunitas lokal yang menyediakan dukungan dan sumber daya untuk perempuan pengusaha.
  3. Memberikan Sumber Daya dan Pelatihan: Perempuan pengusaha sering menyediakan sumber daya dan pelatihan untuk membantu perempuan lain mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai atau mengelola bisnis mereka sendiri. Ini bisa berupa workshop, webinar, atau materi pendidikan lainnya.
  4. Advokasi untuk Kesetaraan Gender: Mereka menjadi advokat untuk kesetaraan gender dalam dunia bisnis, memperjuangkan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk sukses dalam karier dan wirausaha. Mereka berbicara untuk mengatasi hambatan dan diskriminasi yang mungkin dihadapi perempuan dalam mencapai tujuan bisnis mereka.
  5. Inspirasi dan Motivasi: Perempuan pengusaha sering menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi perempuan lain yang bermimpi untuk memulai bisnis mereka sendiri. Melalui cerita dan contoh kesuksesan mereka sendiri, mereka membuktikan bahwa perempuan dapat mencapai apa pun yang mereka impikan dalam dunia bisnis.
  6. Pendukung Kewirausahaan Sosial: Beberapa perempuan pengusaha terlibat dalam kewirausahaan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama perempuan dan anak-anak. Mereka menciptakan bisnis dengan dampak sosial yang positif dan memberdayakan perempuan dalam komunitas mereka.

Keterlibatan dalam pemberdayaan perempuan lainnya adalah bukti dari peran progresif dan inklusif yang dimainkan oleh perempuan pengusaha dalam masyarakat. Mereka menggunakan pengalaman dan sumber daya mereka untuk mendukung, menginspirasi, dan memperkuat perempuan lain dalam meraih kesuksesan dalam bisnis dan kehidupan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun