Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Cara asik belajar ilmu ekonomi www.unand.ac.id- www.eb.unand.ac.id https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Ciri Khas Perempuan Pengusaha (6)

8 Maret 2024   11:19 Diperbarui: 8 Maret 2024   11:42 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Salah satu ciri khas atau karakteristik khusus yang sering ditemukan pada perempuan pengusaha adalah kemampuan untuk mencapai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional mereka. Ini mencerminkan kemampuan mereka untuk mengintegrasikan tanggung jawab pribadi dan profesional dengan baik, sehingga menciptakan keharmonisan dan kepuasan dalam kehidupan mereka secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan ciri ini lebih lanjut:

  1. Fleksibilitas Waktu: Perempuan pengusaha sering mencari solusi kreatif untuk mengatur waktu mereka sehingga dapat memenuhi tuntutan baik dari bisnis maupun kehidupan pribadi. Mereka mungkin menggunakan teknologi atau menyusun jadwal yang fleksibel untuk menyeimbangkan berbagai komitmen.
  2. Prioritas yang Jelas: Mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang benar-benar penting dalam kehidupan mereka, baik itu keluarga, kesehatan, atau hobi dan minat pribadi. Ini membantu mereka untuk mengalokasikan waktu dan energi mereka secara bijaksana sesuai dengan prioritas-prioritas ini.
  3. Manajemen Waktu yang Efektif: Perempuan pengusaha sering memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik, memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan efisien dan efektif. Mereka mungkin menggunakan teknik seperti pembuatan daftar tugas, penjadwalan, dan delegasi untuk mengoptimalkan penggunaan waktu mereka.
  4. Dukungan Sosial dan Jaringan: Mereka mungkin mendapatkan dukungan dari keluarga, teman, atau anggota jaringan profesional mereka untuk membantu menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional. Dukungan ini dapat berupa bantuan dengan tugas-tugas rumah tangga, penitipan anak, atau dukungan emosional.
  5. Kesehatan dan Kesejahteraan: Perempuan pengusaha memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental untuk mencapai keseimbangan yang sehat antara kehidupan pribadi dan profesional. Mereka mungkin mengambil langkah-langkah untuk merawat diri sendiri, seperti berolahraga, bermeditasi, atau mengambil cuti untuk beristirahat.
  6. Fleksibilitas Lokasi: Beberapa perempuan pengusaha memanfaatkan fleksibilitas lokasi dalam pekerjaan mereka, memungkinkan mereka untuk bekerja dari rumah atau tempat lain yang nyaman. Ini membantu mereka menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memfasilitasi integrasi antara kehidupan pribadi dan profesional.

Keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional adalah kunci untuk mencapai kebahagiaan dan keberhasilan jangka panjang bagi perempuan pengusaha. Mereka menggunakan keterampilan manajemen waktu, fleksibilitas, dan dukungan sosial untuk menciptakan keseimbangan yang sehat antara tanggung jawab pribadi dan profesional mereka, yang memungkinkan mereka untuk berkembang dan berkontribusi secara maksimal dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun