Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Apakah Kebocoran Gas di Pipa Rusia ke Eropa Merupakan Sabotase?

28 September 2022   10:11 Diperbarui: 28 September 2022   10:17 267 25 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image: Kebocoran pipa gas di Laut Baltik (Photo: Danish Defense via Reuters)

Otoritas Maritim Swedia mengatakan pada Selasa (27 September 2022) bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan dua kebocoran pada pipa Nord Stream 1 milik Rusia di perairan Swedia dan Denmark, tak lama setelah kebocoran pada proyek Nord Stream 2 di dekatnya. telah ditemukan. (Reuters, 27 September 2022)

Nord Stream 1 merupakan rute pasokan tunggal terbesar untuk gas Rusia ke Eropa. Namun rute ini tidak berfungsi sejak akhir Agustus 2022 karena perselisihan tentang peralatan yang rusak di stasiun kompresor utama di Rusia.

Kebocoran pertama, melalui Nord Stream 2, terdeteksi pada Senin malam (26 September 2022) di bagian pipa Denmark di Laut Baltik, di sekitar pulau Bornholm, setelah "tekanan turun besar". (Euro News, 27 September 2022)

Otoritas Maritim Denmark telah mengeluarkan peringatan navigasi dan menetapkan zona larangan dalam jarak lima mil laut (sekitar 9 km) dari lokasi, mengingat kebocoran itu dapat menimbulkan bahaya bagi lalu lintas angkatan laut. Gas yang bocor dapat menimbulkan konsekuensi keselamatan dan kesehatan bagi para pelancong dan menyala di atas air dan di udara, menyebabkan ledakan, bahkan kapal mungkin bisa kehilangan daya apung. Otoritas Denmark juga membatasi pengiriman dan memberlakukan zona larangan terbang kecil.

Pihak berkompeten di Eropa sedang menyelidiki kebocoran di dua pipa gas Rusia tersebut. Saat ini kebocoran tersebut mengaduk-aduk Laut Baltik dengan gelembung dan menimbulkan kekhawatiran dari Kopenhagen hingga Moskow tentang sabotase infrastruktur di jantung kebuntuan energi Eropa. Jalur pipa Nord Stream tersebut adalah inftrastuktur penting yang dibangun Rusia dengan mitra Eropa dan menghabiskan miliaran dolar untuk membangun.

Image: Peta saluran pipa Nord Stream dan lokasi kebocoran yang dilaporkan https://www.reuters.com/business/energy/ 
Image: Peta saluran pipa Nord Stream dan lokasi kebocoran yang dilaporkan https://www.reuters.com/business/energy/ 

Masih belum bisa ditebak siapa yang mungkin berada di balik permainan curang tersebut. Perdana menteri Polandia menyalahkan sabotase, tanpa mengutip bukti, dan perdana menteri Denmark mengatakan hal itu tidak dapat dikesampingkan. Rusia mengatakan sabotase adalah kemungkinan dan insiden itu merusak keamanan energi benua Eropa. Sementara itu, seorang pejabat senior Ukraina menyebutnya sebagai serangan Rusia untuk mengacaukan Eropa, tanpa memberikan bukti.

Menurut kepala Badan Energi Denmark, Kristoffer Bottzauw, "Kebocoran pada pipa Nord Stream milik Rusia di perairan Swedia dan Denmark sangat besar dan mungkin butuh waktu seminggu agar gas berhenti mengalir keluar dari pipa. Kapal bisa kehilangan daya apung jika memasuki area tersebut. Permukaan laut penuh dengan metana, yang berarti ada peningkatan risiko ledakan di daerah itu."

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen mengatakan sabotase tidak dapat dikesampingkan. Kata beliau, "Kita berbicara tentang tiga kebocoran dengan jarak di antara kebocoran tersebut, oleh karena itulah mengapa sulit untuk membayangkan bahwa itu adalah suatu kebetulan,"

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov menyebutnya "berita yang sangat memprihatinkan. Memang, kita berbicara tentang beberapa kerusakan yang tidak jelas pada jalur pipa di zona ekonomi Denmark." Dmitry mengatakan hal tersebut mempengaruhi keamanan energi Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan