Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan selama lebih dari 25 tahun, dan mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Krisis Covid-19 Mendorong Perusahaan Melewati Titik Kritis Teknologi

24 November 2020   04:40 Diperbarui: 8 Desember 2020   09:17 341 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Krisis Covid-19 Mendorong Perusahaan Melewati Titik Kritis Teknologi
Ilustrasi transformasi digital (Dok. SHUTTERSTOCK/Billion Photos via Kompas.com)

Hanya dalam waktu beberapa bulan, krisis Covid-19 telah membawa perubahan selama bertahun-tahun dalam cara perusahaan di semua sektor dan wilayah menjalankan bisnis

Menurut McKinsey Global Survey of executive yang baru, banyak perusahaan telah mempercepat digitalisasi interaksi pelanggan dan rantai pasokan serta operasi internal mereka selama tiga hingga empat tahun. Dan pangsa produk yang diaktifkan secara digital atau digital dalam portofolionya telah meningkat pesat selama tujuh tahun yang mengejutkan. 

Hampir semua responden mengatakan bahwa perusahaan mereka telah memberikan solusi sementara setidaknya untuk memenuhi banyak permintaan baru pada mereka, dan jauh lebih cepat daripada yang mereka pikirkan sebelum krisis. 

Terlebih lagi, responden berharap sebagian besar dari perubahan ini akan bertahan lama dan sudah melakukan jenis investasi yang semuanya akan dipastikan akan bertahan. Fakta di lapangan bahwa dampak krisis pada berbagai tindakan, menyebabkan pendanaan untuk inisiatif digital telah meningkat lebih dari apa pun, lebih dari peningkatan biaya, jumlah orang dalam peran teknologi, dan jumlah pelanggan.

Untuk tetap kompetitif dalam bisnis baru dan lingkungan ekonomi membutuhkan strategi dan praktik baru. Temuan lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengakui kepentingan strategis teknologi sebagai komponen penting bisnis, bukan hanya sumber efisiensi biaya.

Responden dari perusahaan yang telah melaksanakan tanggapan yang berhasil terhadap krisis melaporkan berbagai kemampuan teknologi yang tidak dimiliki orang lain, terutama, mengisi celah untuk bakat teknologi selama krisis, penggunaan teknologi yang lebih maju, dan kecepatan dalam bereksperimen dan berinovasi.

Selama pandemi, konsumen telah bergerak secara dramatis menuju saluran online, dan perusahaan serta industri menanggapi secara bergantian. 

Hasil survei mengkonfirmasi pergeseran cepat dalam berinteraksi dengan pelanggan melalui saluran digital. Mereka juga menunjukkan bahwa tingkat adopsi jauh lebih cepat daripada saat survei sebelumnya dilakukan dan bahkan lebih tinggi di Asia maju daripada di kawasan lain. 

Responden tiga kali lebih mungkin sekarang daripada sebelum krisis untuk mengatakan bahwa setidaknya 80 persen dari interaksi pelanggan mereka bersifat digital.

Mungkin yang lebih mengejutkan adalah percepatan dalam menciptakan penawaran yang disempurnakan secara digital. Di seluruh wilayah, hasil menunjukkan peningkatan rata-rata selama tujuh tahun pada tingkat di mana perusahaan mengembangkan produk dan layanan ini. Sekali lagi, lompatannya bahkan lebih besar, yakni sepuluh tahun dari era sebelumnya. 

Responden juga melaporkan campuran serupa dari jenis produk digital dalam portofolio mereka sebelum dan selama pandemi. Penemuan ini menunjukkan bahwa selama krisis, perusahaan mungkin memfokuskan kembali penawaran mereka daripada membuat lompatan besar dalam pengembangan produk dalam rentang beberapa bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN