Mohon tunggu...
Melyana Argaditha
Melyana Argaditha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Ilmu Komunikasi

Try to learn more

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Praktik Jurnalisme Pada Akun Media Sosial Tiktok Kompastv

16 Oktober 2022   23:22 Diperbarui: 17 Oktober 2022   00:39 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media sosial bukanlah istilah baru lagi di telinga masyarakat. Media sosial muncul sebagai sarana yang memfasilitasi setiap individu untuk bersosialisasi. 

Media sosial telah membantu manusia untuk melakukan komunikasi dan interaksi secara langsung dan cepat tanpa ada batasan jarak dan waktu. 

Namun, kini media sosial tidak hanya digunakan sebagai tempat bersosialisasi saja. Di era serba online , media sosial juga digunakan masyarakat sebagai media untuk mengakses informasi.

Oleh karena itu, setelah banyak perusahaan berita yang beralih ke media digital, kini perusahaan berita juga mencoba untuk masuk ke dunia media sosial.

Salah satunya adalah portal berita Kompas. Kompas tidak hanya memiliki media cetak dan digital saja, tetapi juga memanfaatkan media sosial seperti Youtube, Twitter, Instagram, dan juga website. 

Baru-baru ini Kompas juga memanfaatkan aplikasi Tiktok dalam penyebaran kontennya. Akan tetapi, Tiktok merupakan media sosial yang cukup berbeda dengan media sosial lainnya.

Tiktok cenderung memiliki karakteristik have fun, yang artinya hampir seluruh pengguna memilih Tiktok untuk tempat mencari hiburan.

Lalu bagaimana portal berita seperti Kompas menggunakan Tiktok sebagai media dalam menyebarkan informasi? Dan bagaimana praktik Jurnalisme yang dilakukan Kompas di media sosial seperti Tiktok?

Social Media Sebagai Media Berita

Social media atau media sosial merupakan alat yang mengandalkan internet dalam menghubungkan pengguna yang satu dengan yang lain, dan mempresentasikan penggunanya untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan berbagi untuk membentuk ikatan secara virtual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun