Finansial

Cara Mudah Apply Kartu Kredit

12 Oktober 2018   15:41 Diperbarui: 12 Oktober 2018   17:24 304 0 0

Hari gini, kartu kredit udah jadi bagian yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, di kalangan millenials, sepertinya gak punya kartu kredit itu gak gaul. Bener gak?

Eits jangan salah. Kartu kredit itu fungsinya bukan sebagai pendongkrak status. Lebih dari itu, kartu sakti ini punya banyak manfaat buat pengelolaan keuangan kita lho. Mulai dari bayar tagihan rutin sampai tawaran promo yang menarik, semua bisa kamu rasakan kalau punya kartu kredit.

Nah, buat kamu yang belum punya kartu kredit, bisa mulai coba apply nih. Tapi ada sejumlah syarat yang harus kamu penuhi dulu. Di antaranya:

- Punya kartu tanda penduduk
- Berusia minimum 21 tahun dan maksimum 60 tahun
- Nomor pokok wajib pajak
- Bukti penghasilan
- Rekening koran/transaksi 3 bulan terakhir
- Surat keterangan kerja, usaha, atau profesi

Syarat di atas belum termasuk batas minimal penghasilan yang dipatok buat menentukan berapa limit kartu kredit yang bisa diberikan. Makin tinggi penghasilan, otomatis makin besar limit saldo kartu tersebut.

Ok, syarat udah tahu. Terus gimana kalau mau apply?

Nah saat ini setidaknya ada dua cara untuk mendapatkan kartu kredit, yaitu:

1. Datang langsung ke bank penerbit

Bank memiliki loket tersendiri untuk menerima aplikasi kartu kredit dari nasabah. Sebelum datang langsung ke bank, sebaiknya pastikan kamu udah paham dan membawa semua syarat yang diminta.

Misalnya dengan menelepon bank tersebut untuk minta informasi sebelum memasukkan aplikasi. Cara termudah adalah menengok persyaratan tersebut di situs bank. Tapi cara paling aman adalah via telepon, karena bisa jadi syarat di situs belum diperbarui.

Alternatif cara ini adalah menghampiri petugas bank yang sedang bertugas di pusat belanja atau mal. Mereka umumnya mendirikan gerai atau booth khusus di area tertentu mal, biasanya di dekat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) bank yang bersangkutan.

Kelebihan cara mendapatkan kartu kredit ini adalah aplikasi bisa langsung diproses karena dokumen langsung diterima pihak bank. Kita pun bisa berkonsultasi secara tatap muka, sehingga dapat memperoleh informasi seputar kartu kredit secara lebih komprehensif.

2. Apply kartu kredit online

Keunggulan teknologi finansial (financial technology/fintech) antara lain membuat urusan apply kartu kredit jadi lebih cincay alias gampang. Kini aplikasi kartu kredit bisa dilakukan secara online berkat perkembangan fintech ini.

Salah satunya lewat situs perbandingan produk keuangan seperti GoBear Indonesia

Selain informasi produk keuangan, dari kredit tanpa agunan hingga asuransi mobil, layanan apply kartu kredit juga ditawarkan kepada masyarakat melalui situs kayak gini. Mereka menjadi perantara bagi pihak bank.

Setelah terdaftar di situs itu, kita bisa langsung memasukkan aplikasi sesuai dengan syarat yang berlaku. Dokumen disertakan dalam bentuk digital atau hasil scan. Nantinya pihak bank bakal menghubungi kita untuk langkah selanjutnya.

Cara lainnya adalah via marketplace atau mal online. Gak hanya menyediakan sarana jual-beli, ada marketplace yang bisa membantu aplikasi kartu kredit.

Konsepnya sama dengan situs produk keuangan. Pengguna harus terdaftar dulu sebelum bisa memasukkan aplikasi di marketplace tersebut.

Sejumlah bank juga menyediakan sarana bagi nasabah yang hendak apply kartu kredit online. Coba kunjungi situs bank penerbit kartu untuk melihat apakah mereka menerima aplikasi via online.

Soal keamanan, apply kartu kredit online emang lebih berisiko ketimbang datang langsung ke bank. Makanya, untuk memastikan keamanan, lihat reputasi situs atau marketplace yang menyediakan layanan tersebut. Pastikan situs itu udah dilengkapi dengan Secure Sockets Layer (SSL), atau standar keamanan untuk menjamin kerahasiaan data privat yang dikirim ke Internet.

Kalau udah menuhin syarat dokumen dan apply kartu kredit, kamu bakal dapat konfirmasi apakah aplikasi pengajuanmu disetujui atau gak. Kalau diterima, kartu kredit bakal dikirim ke alamat yang kamu isi dalam formulir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2