Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Olahraga Bisa Menghilangkan Stres

8 Juli 2021   16:31 Diperbarui: 8 Juli 2021   16:38 82 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olahraga Bisa Menghilangkan Stres
(Sumber: freepik/ijeab)


Di masa  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali saat ini, diberlakukan 100% WFH, kecuali di bidang esensial. Banyak ruas jalan juga dilakukan penyekatan, sehingga tidak ada pilihan lain, selain di rumah saja. Kebijakan Pemerintah ini sudah seharusnya kita dukung bersama, dengan kesadaran diri untuk melindungi diri dan keluarga virus Covid 19.

Namun, banyaknya berita tentang peningkatan jumlah pasien covid 19 dan semakin banyaknya  kabar duka dari kerabat dan rekan-rekan kita, tidak dapat dipungkiri membuat kita menjadi cemas dan stres

Stres juga dialami oleh pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri, pegawai yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), ibu yang harus mengurus rumah tangga sambil mendampingi anak belajar di rumah, pekerja yang aktifitas WFH-nya menjadi tidak fokus karena terganggu oleh anak, pelaku usaha yang sepi orderan dan lain sebagainya. Yang pasti kita tidak sendirian. Kita semua sedang berjuang dalam menghadapi pandemi ini. 

Saya sendiri bersama suami sering kali merasa cemas setiap salah satu dari kami batuk-batuk atau badan terasa tidak enak. Apalagi suami bekerja di sektor esensial, sehingga masih harus aktif bekerja di luar rumah. Kami sedikit tenang kembali sejak mendapatkan hasil swab antigen negatif. 

Salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan untuk meredakan kecemasan dan stres serta tetap menjaga kesehatan selama pandemi adalah dengan berolahraga.

Saya dan suami sudah mempraktekkan sendiri setiap pagi selama kurang lebih 1 bulan ini. Kami memilih waktu pukul 8 pagi agar mendapatkan sinar matahari. Hitung-hitung dapat bonus vitamin D. Olahraga yang kami lakukan simpel saja berjalan selama 30 menit, sedangkan suami saya,  melanjutkan dengan lari 20 menit lagi.

Stress disebutkan oleh para ahli kesehatan dapat mengurangi imunitas tubuh. Banyak organ dan hormon yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga ahli menyarankan orang untuk berolahraga untuk mengurangi stres.

Apa Saja Hubungan antara Olahraga dan Stres?

1. Olahraga Melancarkan Peredaran Darah

Saat kita berolahraga, detak jantung akan meningkat dan memompa darah lebih cepat, sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar membuat nutrisi dan oksigen dapat tersalurkan dengan baik. Hal ini tentu baik bagi orang yang sedang stres dan cemas, karena kecemasan dapat menghambat aliran oksigen dan karbon dioksida.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x