Mohon tunggu...
Meliana Aryuni
Meliana Aryuni Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Mampir ke blog saya melianaaryuni.web.id atau https://melianaaryuni.wordpress.com dengan label 'Pribadi untuk Semua' 🤗

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

KOMiK, Bukan Sekadar Komunitas, Kontribusinya Nyata

22 Agustus 2022   23:04 Diperbarui: 22 Agustus 2022   23:06 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KOMiK Kompasiana seakan sudah menjadi jawaranya komunitas di bawah naungan Kompasiana.com. Banyak kegiatan KOMiK yang diselenggarakan untuk anggota Kompasiana. Beberapa kegiatan KOMiK yang berkolaborasi dengan Ladiesiana.com pernah saya ikuti. Dari kegiatan itu, saya akhirnya tahu bahwa komunitas ini ternyata sudah ada sejak 8 tahun yang lalu.

Apalagi beberapa teman saya di dunia maya sering kali menampilkan kegiatannya bersama KOMiK, baik kegiatan menulis atau pun kegiatan yang berhubungan dengan perfilman. Luar biasa, KOMiK mampu mengcover penulis untuk sama-sama menulis dan banyak buku yang sudah beredar dari kegiatan KOMiK.

Kegiatan komunitas, lalu dibukukan menjadi catatan sejarah penting para penulis KOMiK bahwa mereka sudah memberi andil pada dunia kepenulisan. Kegiatan yang membuktikan bahwa KOMiK bukan hanya komunitas yang abal-abal. Itu merupakan bukti nyata bahwa KOMiK sudah memberikan sesuatu yang terbaik bagi komunitasnya.

Bila melihat kegiatan-kegiatan KOMiK, semangat saya seakan terbakar karenanya. Kegiatan KOMiK ternyata diadakan tidak hanya online, kegiatan seperti Kopdar dan pertemuan dalam membahas sesuatu pun sering diadakan. Apalah daya, kesempatan dan waktu tidak pernah berpihak kepada saya untuk mengikuti kegiatan offline KOMiK.

Beberapa bulan Maret yang lalu, pernah ingin ikut serta dalam kegiatan KOMiK untuk memperingati Hari Film Nasional. Namun, sayang kendala selalu datang. Saya gagal berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sebagai Kompasioner yang baru mengenal KOMiK, kali ini saya ingin ikut menyemarakkan kegiatan KOMiK. Saya berharap KOMiK bisa terus memberikan kegiatan yang positif bagi Kompasioner dan saya bisa terus berpartisipasi di dalamnya.

Saya juga berharap KOMiK mampu bekerja sama dengan aparat penyiaran dalam memberikan masukan bagi dunia perfilman bahwa banyak sekali hal yang bisa diangkat menjadi film. Bahwa banyak film yang jauh dari nilai-nilai luhur budaya. Bahwa banyak film yang sifatnya komersil, tanpa mempertimbangkan nilai moral yang dikandungnya.

Saya berharap di kemudian hari akan banyak film Indonesia yang bisa ditonton oleh semua umur, bukan hanya diperuntukkan untuk orang dewasa. Semoga komunitas seperti KOMiK akan selalu diberi kemudahan untuk mencerdaskan bangsa ini lewat kegiatan-kegiatannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun