Mohon tunggu...
Medio Network
Medio Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Baru Masuk Dunia Kerja? Jangan Lupakan Hal Ini

30 September 2022   12:01 Diperbarui: 30 September 2022   12:05 60 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok Freepik/yanukit

Oleh: Alifia Riski Monika dan Brigitta Valencia Bellion

Kamu baru lulus kuliah dan sedang mempersiapkan dunia kerja? Ada banyak persiapan yang bisa kamu lakukan, mulai dari fisik hingga psikologis. Sebab, saat masuk dunia kerja, tentunya kamu akan berkontribusi penuh untuk perusahaan tempatmu bekerja. 

Dalam dunia kerja, tentunya kita harus berusaha memberikan yang terbaik. Salah satu yang bisa dipersiapkan adalah mulai mengenal diri sendiri dan tahu apa yang kita inginkan. Persiapan emosi juga perlu dilakukan untuk mengatasi masalah yang akan terjadi kedepannya. 

Rangkuman persiapan kerja yang bisa dilakukan juga terangkum dalam siniar Obsesif bertajuk “Starter Kit Masuk Dunia Kerja”. Melalui episode tersebut, kita akan mendapatkan informasi seputar kerja yang akan dibahas oleh HRD Bacot dan SSAJ Associates.

Sebagian fresh graduate mungkin bingung untuk memulai langkah barunya di dunia kerja. Meski terdengar menyeramkan bak masuk ke dalam hutan, ternyata dunia kerja masih memiliki sisi menarik yang patut dijelajahi. 

Melansir Forbes, berikut beberapa persiapan yang bisa dicoba sebelum terjun ke dunia kerja. 

Mulailah Membangun Koneksi Sebanyak Mungkin 

Sebelum lulus dari perkuliahan, ada baiknya kamu membuat koneksi sebanyak mungkin di bidang yang dipilih. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan peluang untuk mendapat pekerjaan, tetapi mereka yang mengenal seseorang di industri tertentu sering kali mendapatkan peran yang lebih menjanjikan dibanding mereka yang hanya melamar pekerjaan.

Ketahui Apa yang Kamu Inginkan 

Pertama, ketahuilah nilai dirimu. Meski terdengar aneh, memahami apa yang penting bagi kita dalam hidup dan pekerjaan akan membantu perjalanan karier. Selain itu berfungsi juga sebagai benang merah saat sesi wawancara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan