Mohon tunggu...
Medi Juniansyah
Medi Juniansyah Mohon Tunggu... Penulis - Menggores Makna, Merangkai Inspirasi

Master of Islamic Religious Education - Writer - Educator - Organizer

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Peran Pasangan dalam Membangun Chemistry dengan Mertua

26 Mei 2024   08:01 Diperbarui: 28 Mei 2024   14:51 411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hubungan pernikahan tidak hanya menyatukan dua individu tetapi juga mempertemukan dua keluarga besar dengan latar belakang, nilai, dan kebiasaan yang mungkin sangat berbeda.

Salah satu aspek yang sering kali menimbulkan tantangan adalah membangun hubungan yang baik dengan mertua.

Dalam konteks ini, peran pasangan sangat penting dalam menciptakan chemistry yang harmonis antara pasangan dengan mertua.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi dinamika hubungan keluarga besar. Mertua, sebagai orang tua dari pasangan kita, memiliki pengaruh yang signifikan dalam kehidupan keluarga.

Mereka bukan hanya orang tua pasangan tetapi juga figur yang diharapkan menjadi panutan, pemberi nasihat, dan sumber dukungan.


Membangun chemistry dengan mertua memerlukan pendekatan yang hati-hati dan sensitif. Setiap keluarga memiliki sejarah, tradisi, dan kebiasaan yang unik.

Perbedaan ini sering kali menjadi sumber ketegangan jika tidak dikelola dengan baik. Pentingnya peran pasangan dalam memediasi dan memfasilitasi hubungan yang baik dengan mertua tidak dapat diremehkan.

Pasangan adalah jembatan yang menghubungkan dua dunia yang berbeda ini. Dengan sikap yang tepat dan usaha yang konsisten, pasangan dapat membantu mengatasi perbedaan budaya, ekspektasi, dan cara berkomunikasi yang mungkin ada antara mereka dan mertua.

Dalam masyarakat yang semakin modern, peran mertua juga mengalami perubahan. Jika dulu mertua sering kali dilihat sebagai figur otoritatif yang harus dihormati tanpa syarat, kini banyak pasangan muda yang berusaha mencari keseimbangan antara menghormati orang tua dan menjaga kemandirian keluarga mereka sendiri.

Di sinilah peran pasangan menjadi sangat krusial. Mereka harus mampu menavigasi kompleksitas hubungan ini dengan bijaksana, memastikan bahwa mertua merasa dihargai dan diterima, sambil tetap menjaga integritas dan kemandirian keluarga inti mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun