Mohon tunggu...
Medi Juniansyah
Medi Juniansyah Mohon Tunggu... Penulis - Menggores Makna, Merangkai Inspirasi

Master of Islamic Religious Education - Writer - Educator - Organizer

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Cerpen: Orang Paling Ikhlas itu Bernama "Marbot Masjid"

7 April 2024   13:06 Diperbarui: 7 April 2024   13:24 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi orang paling ikhlas itu Bernama marbot masjid- sumber gambar: bangkapos.com

Ali: "Assalamu'alaikum, pak. Saya Ali. Saya terkesan dengan dedikasi dan keikhlasan pak Marbot dalam menjaga masjid ini. Bolehkah saya belajar dari pak Marbot?"

Marbot Ahmad tersenyum hangat dan mengajak Ali duduk di sebelahnya.

Marbot Ahmad: "Wa'alaikumussalam, Ali. Tentu saja, saya senang bisa berbagi pengalaman denganmu. Apa yang ingin kamu ketahui?"

Ali: "Bagaimana pak Marbot bisa menjadi orang yang begitu ikhlas?"

Marbot Ahmad: "Hm, pertanyaan yang bagus. Ikhlas adalah kunci utama dalam menjalani hidup. Saya percaya bahwa setiap tindakan yang kita lakukan haruslah dilandasi oleh niat yang tulus untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengabdi kepada sesama manusia."

Ali mendengarkan dengan serius sambil mengingat setiap kata yang keluar dari mulut Marbot Ahmad.


Marbot Ahmad: "Selain itu, penting juga untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Ketika kita mensyukuri apa yang kita miliki, hati kita akan menjadi lapang dan menerima segala ujian dengan ikhlas."

Ali mengangguk paham. Dia merasa bahwa percakapan ini memberinya inspirasi baru dalam menjalani hidupnya.

***

Beberapa bulan berlalu, Ali terus belajar dari Marbot Ahmad.

Marbot Ahmad  dan Ali menjadi sangat dekat, hampir seperti ayah dan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun